Muncul bercak darah setelah melakukan hubungan seksual, wajarkah?

PJ Info Penanya: PJ
Selamat sore dok,,,dok saya mau tanya,begini dok tgl 3 kmren saya haid dlm 1hri itu darah haid banyak dan hri berikutnya cma flek ampek tgl 8,,dan maaf dok kmren tgl 10 saya berhubungan dgn suami tdk ada keluhan apa2,,dan tdi mlem saya pke hubungan lgi knpa tdi pagi saya keluar darah sedikit dan perut mulas,kram,pinggang sakit dok,,,yg saya tanyakan apakah ini berbahaya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, PJ

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Menstruasi merupakan suatu keadaan yang dialami seluruh wanita mulai dari remaja sampai dengan lansia yang mengami menopause. Siklus normal menstruasi terjadi 21-35 hari. dengan rata-rata siklus menstruasi pada wanita adalah 28 hari. Lamanya menstruasi normal bila terjadi pada 2-14 hari, dan rata-rata wanita mengalami menstruasi selama 3-7 hari.

Perdarahan saat terjadi menstruasi juga beragam mulai dari bercak, cair, cair kekentalan, bahkan berupa gumpalan. Begitu juga dengan warna darah menstruasi, bisa berwarna kecoklatan, merah, merah gelap, bahkan kehitaman. Selain karena darah menstruasi, adanya perdarahan juga bisa disebabkan oleh kondisi medis lainnya. 

Beberapa hal yang dapat menyebabkan perdarahan setelah melakukan hubungan seksual adalah:

  • Adannya sisa dari perdarahan menstruasi sebelumnya (spotting flek)
  • Adanya perlukaan saat melakukan hubungan seksual
  • Adanya penyakit menular seksual
  • Adanya masalah terhadap organ reproduksi wanita

Terkait dengan keluhan yang Anda rasakan, bisa dikarenakan beberapa hal yang sudah disebutkan di atas. Usahakan Anda tetap menjaga kebersihan area kewanitaan, hindari stres dan kelelahan, istirahat cukup, konsumsi makanan bergizi seimbang, serta berolahraga agar badan tetap bugar.

Bila keluhan dirasakan tidak membaik atau semakin parah, segera lakukan pemeriksaan diri ke dokter spesialis kandungan terdekat untuk dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan USG. Sehiingga didapatkan diagnosa serta tatalaksana yang sesuai.

Semoga bermanfaat.

 

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Rimming adalah merangsang area anus menggunakan lidah atau mulut

Mengenal Rimming untuk Sensasi Seksual yang Berbeda Beserta Risikonya

Rimming adalah aksi merangsang area anus menggunakan lidah. Gaya ini bisa memberi bumbu baru dalam hubungan seksual Anda dan pasangan selama dilakukan dengan aman dan bersih. Sebab jika tidak, ada berbagai risiko penyakit yang bisa terjadi.