17 Sep 2021, 06:07Perut

bagaimana mengobati bab cair pada anak?

A1
Info Penanya: A10
Pagi dok, mau tanya, untuk anak usia 4 tahun, sering bab cair dicelana sampe 3x sehari itu di beri obat apa ya dok?, selama ini tdk pernah bab cair dicelana sampe 3x sehari dan sudah berlangsung 3 hari? Terima kasih
62 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo A,Diare atau BAB cair merupakan suatu keadaan perubahan konsistensi tinja yang seharusnya padat menjadi cair dan dapat terjadi lebih dari 5 kali sehari. Diare pada anak umumnya disebabkan oleh makanan yang dimakan sbeelumnya misalnya jika makanan tersebut terkontaminasi bakteri, maupun jika anak sering memasukkan tangan yang kotor ke dalam mulut. Diare yang tidak segera ditangani dapat menyebabkan komplikasi seperti dehidrasi, hingga penurunan kesdaran.

Mengatasi diare pada anak

Beberapa penyebab lain yang mungkin mengakibatkan diare anak adalah infeksi rotavirus, infeksi bakteri, Salmonella, E.coli, Staphylococcus, intoleransi makanan atau susu, hingga keracunan makanan. Untuk itu selama anak mengalami keluhan sakit, perhatikan kebiasaan atau makanan apa yang menyebabkan keluhan lalu jauhkan anak dari penyebab tersebut agar hal ini tidak terjadi berulang. Jangan lupa untuk mencukupi asupan cairan anak agar tidak terhindari dehidrasi dan berikan obat lambung seperti antasida 3x sehari sesuai berat badan anak.Selain antasida, ibu juga boleh memberikan oralit untuk pengganti cairan tubuh serta berikan probiotik untuk mengembalikan keseimbangan saluran pencernaannya. Jika kondisi tidak membaik dalam 2hari kedepan, lakukanlah konsultasi secara langsung dengan dokter spesialis anak terdekat dari lokasi Anda.
Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
diaregastroenteritissakit perut
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil