Bagaimana cara mengatasi phobia?

SN Info Penanya: SN, Pria, 25 Tahun
Pagi dok. Bagaimana cara mengatasi ketika mau pingsan setelah disuntik?. Saya selalu merasa dada dingin, lemas, dan ngantuk waktu habis di suntik. Rasa ini sudah saya alami sejak sd. Saya selalu takut, tegang , deg -degan , dan panik dan mual ketika mau di suntik. Saya disuruh minum teh hangat ketika merasakan hal itu setelah disuntik. Apakah ini phobia atau kelainan ya dok? Bagaimana cara agar tidak mau pingsan lagi setelah disuntik?. Secara saya mau cek darah dan saya takut sekali. Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SN,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Trypanophobia merupakan kondisi di mana seseorang mengalami ketakutan atau phobia yang berlebihan akan tindakan medis yang melibatkan suntikan dan tindakan yang berhubungan dengan jarum suntik.

Gejala phobia ini muncul ketika seseorang berhadapan dengan hal-hal yang berbau medis, terutama yang melibatkan jarum seperti injeksi. Biasanya sebelum perawatan medis dimulai, akan timbul gejala seperti pusing, gelisah, bahkan pingsan.

Beberapa penyebab munculnya trypanophobia adalah :

  • Trauma jarum suntik akibat prosedur pemberian jarum suntik yang tidak tepat sehingga menimbulkan rasa sakit yang terus teringat
  • Memiliki kondisi sensitif terhadap rasa sakit hingga dapat menyebabkan peningkatan detak jantung dan tekanan darah.
  • Ketakutan sejak kecil yang umumnya muncul pada usia 10 th
  • Anggapan bahwa suntikan dapat menimbulkan komplikasi serius

Cara mengatasi trypanophobia bisa dengan cara terapi hpno-terapi terapi pemaparan menggunakan jarum. Maupun dengan obat anti stres yang dapat diberikan pada pasien sebelum menerima tindak medis sehingga dapat menenangkannya namun harus dengan konsultasi dan pengawasan psikiater, terapi kognitif perilaku bisa dengan psikolog.

Semoga bermafaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mendeteksi gejala awal bipolar menjadi salah satu langkah awal untuk mencegah bahaya bipolar.

Waspada Bahaya Bipolar yang Terlambat Ditangani

Bipolar adalah gangguan mental yang ditandai dengan perubahan suasana perasaan ekstrem dari rasa senang ke sedih berlebihan.Penderita sering terlambat diobati karena gangguan ini sulit dideteksi.