Apa penyebab benjolan di penis?

AS Info Penanya: AS, Wanita, 19 Tahun
Selamat malam dokSaya mau tanya di dalam batang penis suami saya ada benjolan kecil saya lihat ada lubang sebesar jarum di sekitar bejolan itu lalu saya tekan bejolan ke arah lubang tsb dan ternyata keluar biji sebesar biji tomat berwarna putih tidak berbau dan tidak ada efek apapun ada sekitar 3 bejolan sama sprti itu juga isinya tetapi ada 1 benjolan seperti itu berukuran agak besar di banding bejolan yang lain saya ga berani tekan itu apa ya dok? Apakah berbahaya atau tidak?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AS,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Benjolan di penis bisa terjadi pada setiap pria, dan penyebabnya pun bermacam-macam. Beberapa penyebab benjolan di penis :

  1. Kutil kelamin atau Condyloma acuminata
    Kutil yang biasaya pada penis baik di sekitar skrotum, kepala penis, dan batang penis ini terjadi karena ada infeksi virus HPV.
  2. Folikulitis
    Peradangan pada folikel rambut sehingga menyebabkan bintik-bintik kecil kemerahan pada daerah yang berambut, dan dapat terjadi pada area kemaluan.
  3. Bintik Fordyce
    Benjolan yang terjadi pada kelenjar minyak di bawah penis.
  4. Molluscum Contagiosum
    Infeksi ini menyebabkan benjolan di penis dengan ciri-ciri benjolan pada bagian tengah terdapat inti berwarna putih. Kondisi ini kerap menyebabkan rasa gatal dan mengganggu pada penis.

Tetap jaga kebersihan daerah organ intim Anda dengan menggunakan pakaian dalam yang menyerap keringat, tidak terlalu ketat dan hindari berhubungan seks yang tidak sehat. Jika keluhan tidak kunjung membaik sebaiknya konsultasikan lenih lanjut ke dokter spesialis kulit dan kelamin.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Setelah prosedur sunat dewasa dilakukan, wajar apabila seseorang akan merasakan penis seperti bengkak

Ini yang Harus Dilakukan Saat Pemulihan Setelah Sunat Dewasa

Ada banyak pertimbangan seseorang melakukan sunat ketika sudah besar, terutama terkait masalah kesehatan. Setelah sunat dewasa, sebaiknya beri waktu 10 hari untuk pemulihan.