Seperti apakah darah keperawanan?

G Info Penanya: G, Wanita, 21 Tahun
Apakah darah keperawan itu yg keluar ketika kita sudah melakukan hubungan intim dan apakah darah keperawanan itu seperti darah menstruasi tapi kental
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, G

Terima kasih atas pertanyaannya.

Darah keperawanan berasal dari robekan hymen, yaitu suatu membran / lapisan tipis yang terletak sedikit di dalam vagina. Bentuknya tidak sama pada setiap orang, ada yang lebih mudah robek dan ada juga yang cukup alot. Bahkan ada juga wanita yang tidak memilki hymen atau selaput dara. Banyak hal yang bisa membuat hymen robek selain hubungan seksual. Seperti berkuda, naik sepeda, olahraga senam, menggunakan tampon dan masturbasi.

Ada yang mengalami sedikit saja tetesan darah waktu selaput dara robek dan bisa juga tidak keluar darah karena suplai darahnya sangat sedikit. Selaput dara itu sendiri memiliki lubang agar darah menstruasi bisa keluar. Lubangnya bisa kecil atau besar dan bisa beberapa lubang. Darah yang keluar pada robekan selaput dara berwarna merah segar dan encer.

Sebaiknya Anda konsultasi dengan dokter kandungan untuk evaluasi lebih lanjut. Berikut artikel mengenai peran dan bentuk selaput dara untuk informasi tambahan.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Alokasikan waktu untuk berbagi kasih, sebagai cara meningkatkan keintiman emosional dalam hubungan

Hubungan Asmara Mulai Hambar? Terapkan Cara Meningkatkan Keintiman Emosional Ini

Hubungan asmara dan pernikahan, ada kalanya mengalami penurunan keintiman emosional. Untuk menyelamatkan hubungan yang kian hambar, ada beberapa cara meningkatkan keintiman emosional yang bisa dilakukan. Berkonsultasi dengan konselor pernikahan, menjadi salah satunya.