02 Jun 2020, 18:55Kandungan

Seperti apa sakitnya melahirkan?

SA
Info Penanya: SA, Wanita, 1 Tahun
Dok jujur saja sudah beberapa hari saya sering cemas takut seperti apa sakitnya melahirkan. Apakah ibu dan bayi pasti selamat?
9743 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Ester Agustina
(0)
Selamat malam, S.Terimakasih atas pertanyaan Anda.Hampir setiap ibu hamil mengalami rasa ketakutan saat hendak menghadapi proses persalinan. Banyak rumor yang beredar jika melahirkan itu sakit. Namun, sebanding ketika melihat si kecil lahir dengan selamat dan sempurna tanpa kekurangan sautu apapun. 

Jenis-jenis persalinan

Ada beberapa jenis persalinan yang perlu Anda ketahui sebelum Anda memutuskan metode apa yang ingin Anda gunakan, yaitu:
  • Persalinan normal. Persalinan normal terdiri dari dua yaitu persalinan alami dan persalinan dengan alat (forcep dan vakum)
  • Persalinan dengan metode operasi caesar.
  • Persalinan normal setelah caesar. 
  • Home birth. Persalinan yang dilakukan di rumah. 
  • Water birth. Proses persalinan yang dilakukan di dalam air. 
  • Hypno birth. Proses persalinan dengan menggunakan metode hipnosisi atau relaksasi yang bertujuan agar ibu tenang, nyaman, dan minin rasa sakit. 
Melahirkan dengan cara normal maupun operasi sebenarnya sama-sama sakit. Tidak ada proses melahirkan yang tidak sakit. Itu sangatlah wajar. Untuk itu, Anda tidak perlu panik dan takut untuk melahirkan. Merupakan suatu anugerah ketika Anda dapat hamil dan melahirkan seorang anak ke dunia ini. Sebelum menghadapi masa-masa persalinan, Anda harus mempersiapkan fisik dan mental Anda dengan baik. Rutin melakukan relaksasi atau yoga prenatal agar pikiran Anda lebih rileks. Lalu, komunikasikan dengan suami dan keluarga Anda apa yang menjadi ketakutan Anda sehingga orang-orang di sekitar Anda dapat memberikan dukungan kepada Anda saat persalinan nanti. Dan yang terakhir, tidak lupa berdoa kepada Tuhan. Lewat doa, pikiran dan hati Anda akan tenang serta kuat dalam menjalani persalinan nanti. Salam sehat,dr. Ester
operasi caesarmelahirkanmelahirkan normal
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil