Seperti apa rekomendasi susu untuk ibu hamil 1-3 bulan?

FF Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Dokter, sebenarnya susu untuk ibu hamil 1-3 bulan tuh yang seperti apa sih baiknya? Mohon infonya ya dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, FF. 

Hamil adalah hal yang diidam-idamkan oleh hampir semua pasangan suami istri. Karena itulah, kondisi kehamilan seringkali menjadi perhatian khusus yang harus dijaga baik-baik, agar kehamilan berlangsung lancar sampai tiba saatnya persalinan. Nah, salah satu hal yang harus diperhatikan saat hamil adalah nutrisi.

Saat hamil, nutrisi yang perlu dicukupi bukan hanya untuk pihak ibu saja, tetapi juga pihak janin. Salah satu nutrisi yang sebaiknya dicukupi adalah kalsium, dimana ibu hamil disarankan mengonsumsi setidaknya 1000 mg kalsium per hari.

Kalsium dapat berperan serta dalam pertumbuhan tulang dan gigi janin agar berlangsung dengan baik. Kalsium juga membantu mengurangi risiko ibu mengalami komplikasi kehamilan, seperti pre-eklampsia.

Salah satu sumber kalsium yang mudah ditemukan adalah susu. Anda dapat mengonsumsi jenis susu apa saja pada trimester pertama ini, baik susu sapi, almond, maupun kedelai. Seluruh jenis susu tersebut mengandung kalsium, yang bisa membantu mencukupi kebutuhan harian mineral tersebut. Pastikan tidak ada alergi dengan jenis susu yang Anda pilih, ya.

Selain kalsium, beberapa zat gizi lain yang dibutuhkan oleh ibu hamil adalah:

  • Asam folat
  • Zat besi
  • Omega-3
  • Vitamin D
  • Protein

Di samping itu, selalulah hindari makanan tidak bergizi, makanan cepat saji, serta makanan dengan pengawet dan perasa buatan. Apabila ada keluhan atau membutuhkan informasi lebih lanjut, jangan sungkan untuk berkonsultasi kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan, ya. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Porsi makan ibu hamil yang tepat

Mengenal Panduan Porsi Makan Ibu Hamil yang Sehat dan Tepat

Porsi makan ibu hamil yang tepat perlu diketahui demi kesehatan ibu dan bayinya. Hal ini perlu untuk diperhatikan karena akan berpengaruh pada berat badan ibu dan bayinya.