05 Jun 2020, 14:29Psikologi

Seperti apa pola asuh anak remaja masa kini?

N
Info Penanya: N, Wanita, 27 Tahun
Dok, saat ini saya punya anak remaja yang gemar-gemarnya bereksplorasi. Bagaimana ya dok pola asuh anak remaja yang sesuai dengan masa kini?
5653 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Aisyah Nur Ramadhani
(0)
Selamat sore N,Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.Berkaitan mengenai pola asuh, mungkin setiap orangtua memiliki caranya masing-masing untuk mendidik anaknya.

Beberapa jenis pola asuh yang sesuai dengan kondisi anak saat ini :

  • Perrmisif parenting
    Tanggap dan peka terhadap perkembangan anak. Namun pola asuh ini tidak terlalu tegas dalam memberikan aturan dan mendidik sikap disiplin kepada anak.
  • Attachment parenting
    Membangun hubungan emosional yang baik antara anak dan orangtua. Tidak ada hukuman dalam pola asuh ini, Anda sebagai orang tua lebih menjelaskan dan berdiskusi jika ada hal yang akan diluruskan.
  • Positive parenting
    Hampir sama dengan attachment parenting lebih mengedepankan diskusi kepada anak untuk mendapatkan win-win solution bagi kedua belah pihak. Perbedaannya pada pola asuh ini ebih memberikan saran-saran positif kepada anak dan membiarkan anak untuk memilih mana yang terbaik bagi dirinya.
  • Narcistic parenting
    Selalu mendukung minat dan keinginan anak, hati-hati Anda sebagai orang tua juga harus menjadi ramah dan rendah hati agar anak tidak menjadi sombong.
  • Nurtirant parenting
    Membiarkan anaknya untuk dapat bereksplorasi namun tetap dalam pengawasan orangtua.
jika Anda ingin mengetahui lebih banyak informasi tentang pola asuh anak, Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut ke psikiater atau psikolog. Tidak semua jenis pola asuh dapat diterapkan pada anak Anda, Anda juga harus menyesuaikan dengan kondisi lingkungan dan anak Anda.Semoga bermanfaat,Salam sehat,dr. Aisyah
tips mendidik anakperkembangan anakmembesarkan anak
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil