Seperti apa nyamuk yang bisa menularkan penyakit DBD?

A Info Penanya: A
Dok, apa betul nyamuk DBD yang bisa menularkan penyakit DBD hanya yang betina saja? Lalu apakah ini termasuk virus?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam A,

DBD adalah demam berdarah dengue dimana merupakan infeksi virus yang dapat menular melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti dan hanya nyamuk betina saja yang bisa menyebarkan infeksi virus tersebut sedangkan nyamuk jantan tidak menularkan virus dengue.

Nyamuk Aedes aegypti sering kali aktif justru di pagi menuju siang hari dan saat sore hari. Nyamuk sendiri memiliki jarak terbang kurang lebih 100 meter, jadi apabila terdapat kasus positif DBD sering kali dilakukan pemantauan dengan radius 100 meter untuk menilai ada tidak yang mengalami gejala ataupun ada tidaknya sarang nyamuk.

Untuk mencegah demam berdarah sendiri perlu dilakukan sejumlah upaya seperti:

  • Memberantas sarang nyamuk dengan gerakan 3M, menguras, menutup dan mengubur tempat atau benda yang bisa menampung air yang bisa menjadi tempat nyamuk berkembang biak
  • Membersihkan lingkungan tempat tinggal agar tidak banyak nyamuk hidup
  • Menghindari gigitan nyamuk dengan menggunakan losion anti gigitan nyamuk, menggunakan obat nyamuk dan bisa menggunakan kelambu untuk tidur
  • Menjaga daya tahan tubuh

Apabila ada keluhan demam tinggi selama 2-7 hari, sakit kepala, badan terasa nyeri, nyeri dibelakang mata, timbul ruam kulit, ada mimisan atau gusi berdarah ataupun bisa disertai mual dan muntah maka sebaiknya segera periksakan pada fasilitas kesehatan terdekat agar segera ditangani karena bisa merupakan gejala dari demam berdarah dengue. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Fase demam berdarah dengue kerap disebut seperti pelana kuda, demam bisa naik dan turun dalam kurun waktu tertentu

Waspadai 3 Fase Demam Berdarah Dengue agar Tak Celaka

Demam Dengue adalah penyakit mirip flu parah dan menular lewat gigitan nyamuk yang banyak hidup di daerah tropis. Ketika semakin parah, penyakit ini bisa memicu perdarahan dan menjadi demam berdarah Dengue (DBD).