Seperti apa menu makan siang yang tepat?

FF Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Hi dok, saat ini saya ingin menjalani pola hidup sehat. Sebaiknya menu makan siang yang tepat seperti apa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, FF.

Kebanyakan orang bekerja atau menjalankan aktivitas lainnya mulai dari pagi sampai sore hari. Saat siang hari setelah makan, beberapa orang akan mencapai puncak performanya, dan yang lain akan mulai mengantuk. Salah satu faktor yang menyebabkan perbedaan tersebut adalah dari apa yang dikonsumsi saat makan siang.

Makan siang harus mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh, dan yang perlu diperhatikan adalah sumber karbohidratnya. Ada dua jenis karbohidrat. Pertama, karbohidrat simpleks yang lebih cepat menaikkan gula darah yang menyebabkan rasa kantuk. Kedua, karbohidrat kompleks yang lebih lambat menaikkan gula darah dan membuat rasa kenyang lebih lama. Oleh karena itu, pilihlah karbohidrat kompleks untuk makan siang Anda, misalnya beras merah, pasta gandum, atau quinoa.

Selain itu, jangan lupa penuhi nutrisi lain, yaitu lemak sehat, protein, vitamin, mineral, dan serat. Dengan nutrisi tersebut, organ-organ tubuh akan bekerja secara optimal. 

Berikut beberapa rekomendasi untuk makan siang:

  • Nasi merah dengan ayam bakar, disertai dengan banyak lalapan
  • Spaghetti yang terbuat dari pasta gandum, dengan jus buah sebagai pendamping
  • Salad yang terdiri dari quinoa, sayur-sayuran, dan daging dada ayam
  • Gado-gado dengan nasi merah

Jika di sekitar tempat Anda beraktivitas tidak terdapat makanan tersebut, Anda dapat mencoba untuk memasak sendiri pada pagi hari dan membawa bekal, ya. Jangan lupa untuk mengonsumsi air putih yang cukup agar tubuh tetap terhidrasi. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat berkonsultasi kepada dokter spesialis gizi. Terima kasih atas pertanyaan Anda, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bayam memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk memelihara kesehatan mata dan melawan sel kanker

Ini Dia Manfaat Sayur Bayam yang Menyegarkan untuk Kesehatan

Sayur bayam mengandung banyak nutrisi seperti mikronutrien, vitamin, mineral, dan molekul-molekul lain yang baik untuk menjaga kesehatan mata, mencegah kanker, mengendalikan tekanan darah dan diabetes, dan dapat mencegah asma.