01 Aug 2020, 08:59Penyakit Lainnya

Seperti apa menu buka puasa senin & kamis yang sehat?

FF
Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
dokter, sebenarnya menu buka puasa seperti apa sih yang aman untuk dikonsumsi saat puasa senin & kamis? Karena kadang-kadang saya suka malas makan sahur dok. Mohon infonya ya dokter.
2118 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi, FF.Puasa adalah tidak makan dan atau tidak minum dalam rentang waktu tertentu. Puasa biasa dilakukan untuk mendapat manfaat kesehatan, maupun oleh umat beragama, misalnya oleh umat Islam pada saat bulan Ramadhan atau Senin Kamis, atau oleh umat Katolik pada saat masa prapaskah.Beberapa manfaat puasa bagi kesehatan adalah:
  • Memperlancar proses detoksifikasi (pembuangan racun dari dalam tubuh)
  • Memicu pertumbuhan sel-sel baru untuk menggantikan sel yang rusak
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Mempertahankan kadar gula darah normal
  • Membantu menurunkan atau mempertahankan berat badan ideal
Oleh karena manfaat tersebut, puasa sangat dianjurkan untuk dilakukan secara rutin, seperti misalnya Anda yang menjalankan puasa Senin dan Kamis. Namun, pastikan juga nutrisi Anda tetap tercukupi pada saat sahur dan berbuka, ya. Penuhi kebutuhan karbohidrat, lemak sehat, protein, vitamin, dan mineral.Usahakan untuk tetap sahur, dimana Anda dapat mengonsumsi makanan yang mudah apabila merasa malas, seperti smoothies campuran buah dan sayur. Lalu, untuk buka puasa, disarankan mengonsumsi air putih terlebih dahulu, kemudian disusul dengan makanan ringan seperti buah kurma. Tunggu beberapa saat baru konsumsi makanan berat yang bernutrisi lengkap.Apabila membutuhkan informasi lebih lanjut tentang puasa, atau Anda mengalami keluhan kesehatan tertentu, jangan sungkan untuk berkonsultasi kepada dokter, ya. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
tips puasadiet puasaintermittent fasting
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil