Seperti apa kawat gigi yang cocok untuk gigi tonggos?

SA Info Penanya: SA, Wanita, 1 Tahun
Hi dokter, saat ini anak saya berusia 12 tahun dan memiliki gigi yang cenderung tonggos dibandingkan teman-temannya. Saya ingin mengajaknya untuk menggunakan behel. Behel seperti apa yang sebenarnya cocok untuk gigi tonggos?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, S.

Terimakasih atas pertanyan Anda. 

Kawat gigi merupakan salah satu teknik yang dipakai di dunia kedokteran gigi dengan tujuan merapikan kondisi gigi yang berantakan. Kawat gigi hanya bisa dipasang di dokter gigi yang resmi. Bukan di tukang gigi yang beredar saat ini. 

Sebelum melakukan pemasangan kawat gigi, ada langkah-langkah yang harus dipersiapkan yaitu pemeriksaan gigi, melakukan foto rontgen rongga gigi, pencetakan gigi, pencabutan gigi jika diperlukan, dan pemasangan kawat gigi. 

Saat ini, ada beberapa jenis kawat gigi yang beredar di pasaran. Kawat gigi ini tergantung dari tingkat kesulitan kasus, bahannya, dan kemampuan biaya dari pasien.

Jenis-jenis kawat gigi:

  • Kawat gigi konvensional: yang umum digunakan oleh banyak orang. 
  • Kawat gigi self-ligating. 
  • Aligners transparan.
  • Kawat gigi lingual.

Jenis-jenis diatas yang bisa dipakai oleh orang-orang yang ingin merapikan kondisi gigi mereka. Tetapi, sebelum memutuskan untuk melakukan pemasangan kawat gigi, Anda bisa melakukan konsultasi ke dokter gigi terlebih dahulu sehingga Anda tahu kawat gigi apa yang cocok untuk kondisi gigi pada anak Anda.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada beragam manfaat siwak untuk kesehatan gigi yang bisa Anda rasakan

5 Manfaat Siwak untuk Kesehatan Gigi Ini Ternyata Terbukti Secara Ilmiah

Dikenal sebagai salah satu bahan alami untuk membersihkan gigi, manfaat siwak untuk kesehatan ternyata tidak cuma mitos. Selain membersihkan gigi, siwak adalah bahan alami yang memiliki kandungan antijamur dan antibakteri. Saat ini, siwak sering dijadikan bahan dasar pasta gigi modern.