Seperti apa darah nifas yang sehat?

N Info Penanya: N, Wanita, 27 Tahun
Malam dok, maaf mengganggu. Saya kebetulan baru memasuki masa nifas, untuk warna darah nifas saya agak bingung karena beberapa kali berubah warna. Yang sehat seperti apa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang N,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Darah nifas atau lokia mirip seperti menstruasi berat, hanya saja jumlahnya lebih banyak. Keluarnya darah nifas dari vagina merupakan cara tubuh untuk membuang lapisan rahim dan darah setelah persalinan. Ini merupakan hal yang terjadi pada setiap wanita usai melahirkan.

Perubahan warna darah nifas yang normal :

  • Hari pertama, warna darah nifas berupa merah terang atau merah kecokelatan karena lokia mengandung cukup banyak darah.
  • Hari ke-2-6, warna darah nifas cokelat tua atau merah muda. Biasanya tekstur darah nifas akan lebih berair.
  • Hari ke-7-10, warna darah nifas menjadi cokelat muda atau merah muda.
  • Hari ke-11-14, warna darah nifas semakin muda, ditambah munculnya cairan berwarna putih atau putih kekuningan. Aliran darah pun semakin sedikit
  • Minggu ke-3-4, apabila masih keluar, warna darah nifas akan berwarna lebih pucat, seperti putih atau krem. Jumlah aliran darah juga sedikit
  • Minggu ke-6, warna darah nifas menjadi cokelat, merah muda, atau kuning krem. Jumlah aliran lokia yang keluar pun akan menjadi sedikit.

Jika Anda mengalami perdarahan nifas yang berbau tidak sedap, terasa nyeri perut, perdarahan semakin banyak dan sertai gumpalan, demam, pusing serta ingin pingsan. Sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter kandungan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Semoga bermafaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Setiap ibu pada umumnya menantikan proses melahirkan normal yang lancar dan mudah

Inilah Tanda-tanda Persalinan Macet dan Faktor Penyebabnya

Setiap ibu pastinya menginginkan proses melahirkan normal yang lancar dan mudah. Namun, ada kemungkinan munculnya tanda-tanda melahirkan yang tidak efektif sehingga bayi sulit lahir. Persalinan macet umumnya disebabkan oleh dehidrasi, letak bayi sungsang, kontraksi tidak teratur, dan ukuran bayi yang besar.