Seperti apa ciri-ciri keputihan yang tidak normal?

FF Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Hai dokter! Saya kebetulan punya anak perempuan yang baru remaja. Akhir-akhir ini dia sering mengeluh tentang keputihan yang kerap muncul. Apakah ini termasuk ciri-ciri keputihan yang berbahaya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, FF.

Keputihan sebenarnya adalah hal yang normal bagi wanita usia subur, karena lendir yang dihasilkan dalam jumlah normal bisa berfungsi menjaga kelembaban dan kebersihan vagina. Lendir tersebut juga berfungsi untuk 'menangkap' bakteri atau kotoran yang masuk ke liang vagina dan membantu mencegah infeksi. 

Namun, perlu diperhatikan dan dibedakan ciri-ciri keputihan yang normal atau tidak. Jika berwarna jernih (putih bening), tidak berbau, dan tidak menggumpal, biasanya keputihan tersebut normal. Tetapi, apabila warnanya hijau atau kecokelatan, berbau busuk atau sangat amis, ada gumpalan, atau sangat lengket, maka bisa dikategorikan sebagai keputihan abnormal.

Penyebab keputihan abnormal bervariasi, di antaranya:

Untuk mencegah keputihan abnormal, sebaiknya lakukan hal-hal berikut ini:

  • Mencegah agar daerah vagina tidak lembab. Jika selesai buang air kecil, pakai celana setelah mengelap vagina sampai betul-betul kering.
  • Menggunakan celana dalam yang tidak terlalu ketat dan menyerap keringat
  • Rajin mengganti pembalut saat menstruasi
  • Apabila sudah mengalami keputihan abnormal, berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin untuk mengetahui penyebab pastinya. Kemudian, pastikan untuk tidak menggaruk organ intim, agar tidak terjadi infeksi sekunder.

Terima kasih atas pertanyaan Anda di forum SehatQ, semoga informasi yang disampaikan bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Klorin kini tidak lagi digunakan dalam bahan produksi pembalut

Kupas Tuntas Klorin, Zat Kimia Berbahaya pada Pembalut

Klorin memang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, namun zat ini sudah tidak lagi digunakan dalam produksi pembalut sejak 1990-an.