Seperti apa ciri-ciri kanker kulit?

N Info Penanya: N, Wanita, 27 Tahun
Hi dokter, saat ini saya sering menggunakan berbagai macam skincare, mulai dari lokal hingga internasional. Nggak jarang pipi saya suka terasa gatal, saya takut banget ini berbahaya bahkan kanker. Gimana sih dok ciri-ciri kanker kulit yang sebenarnya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi N,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Kanker kulit merupakan jenis kanker yang tumbuh di jaringan kulit. Kanker kulit diduga kuat disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet dari matahari. Sinar UV ini dapat menyebabkan rusaknya sel pada kulit, hingga menimbulkan kanker kulit.

Seperti halnya pada jenis kanker lain, kanker kulit juga terjadi karena adanya mutasi yang memicu pembelahan sel yang terlalu cepat, abnormal, dan berbahaya.

Gejala kanker kulit berdasarkan jenisnya:

  • Karsinoma sel basal
    Benjolan lunak dan mengkilat di permukaan kulit, atau lesi berbentuk datar pada kulit berwarna gelap atau cokelat kemerahan yang menyerupai daging.
  • Karsinoma sel skuamosa
    Benjolan merah keras pada kulit, atau lesi yang berbentuk datar dan bersisik seperti kerak. Lesi dapat terasa gatal, berdarah, hingga menjadi kerak.
  • Kanker kulit melanoma
    Bercak atau benjolan berwarna cokelat. Melanoma memang menyerupai tahi lalat biasa, namun bentuknya lebih tidak beraturan. Metode ABCDE bisa digunakan untuk membedakan tahi lalat biasa dengan melanoma. 

Jika Anda mengalami beberapa gejala seperti yang disebutkan di atas, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter kulit untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jenis kanker kulit melanoma dan karsinoma bisa dibedakan dari gejala, lokasi tumbuhnya, dan persebarannya.

Jenis Kanker Kulit Mana yang Lebih Bahaya, Karsinoma atau Melanoma?

Jenis kanker kulit melanoma berbeda dengan karsinoma memiliki perbedaan mendasar. Mulai dari segi letak berkembangnya sel kanker, gejala, hingga penyebarannya.