Seperti apa ciri ASI yang berkualitas?

N Info Penanya: N, Wanita, 27 Tahun
Hai dokter, saat ini saya baru menjadi seorang Ibu. Nah saya minim informasi mengenai asi yang berkualitas untuk bayi sebenarnya seperti apa? Kadang, asi saya sedikit, kadang banyak. Apakah ini berpengaruh?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore N,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Air susu ibu (ASI) mengandung sejumlah zat gizi serta antibodi yang penting untuk tumbuh kembang bayi. Itulah sebabnya ASI sering disebut sebagai makanan terbaik bagi bayi. Para pakar kesehatan bahkan menganjurkan agar setiap ibu mampu menyusui bayi secara eksklusif selama enam bulan pertama, dan dilanjutkan hingga si Kecil berusia dua tahun.

Cara paling utama untuk mendapatkan ASI berkualitas adalah memenuhi kebutuhan gizi sehari-hari. Seorang ibu harus memastikan bahwa makanan yang dikonsumsinya memiliki komponen karbohidrat, protein, lemak, dan mikronutrien seperti vitamin dan mineral.

Tanda ASI yang berkualitas secara umum, ASI di hari pertama atau disebut kolostrum akan tampak bening dan encer. Sementara ASI di hari keempat dan seterusnya akan cenderung berwarna putih kekuningan dan tampak kental.

Cara meningkatkan ASI yang berkualitas baik :

  1. Konsumsi air putih minum minimal 3-4 liter
  2. Konsumsi makanan bergizi konsumsi banyak protein dan tinggi kalsium
  3. Makan lemak sehat seperti kaya akan DHA kacang, alpukat atau krim

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ibu dapat memenuhi kebutuhan ASI bayi baru lahir dengan rutin menyusuinya

Berapa Banyak Kebutuhan ASI Bayi Baru Lahir? Ini Penjelasannya

Salah satu hal yang bisa membuat ibu bingung setelah melahirkan adalah mengenai kebutuhan ASI bayi baru lahir. Ibu kerap khawatir tidak bisa memberi cukup ASI pada bayi. Namun, berapa umumnya kebutuhan ASI bayi baru lahir?