Seperti apa bentuk gangguan bicara pada anak?

S Info Penanya: S, Wanita, 35 Tahun
Hi dokter, saat ini anak saya sudah berusia 3 tahun tapi kosa kata yang bisa dikeluarkannya masih sangat minim. Apakah ini termasuk gangguan bicara yang berbahaya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, F.

Gangguan bicara pada anak adalah berbagai kondisi yang memberikan pengaruh pada kemampuan anak untuk memeproduksi suara yang kemudian dirangkai menjadi kata-kata. Gangguan bicara mengakibatkan anak tidak menghasilkan suara dengan ucapan yang baik dan benar. 

Jenis gangguan bicara pada anak

Adapun beberapa jenis gangguan bicara yang meliputi :

1. Apraksia verbal

gangguan yang terjadi pada saraf otak sehingga anak mengalam kesulitan untuk mengoordinasikan otot-otot pengatur bicara, seperti kesulitan untuk menggerakan bibir atau lidahnya kendati pada ototnya tidak ada masalah.

2. Disartria

kerusakan pada bagian otak yang mengatur kekuatan otot wajah, bibir lidah tenggorokan hingga dada, yang ditandai dengan bergumam, bicara cadel, suara bindeng dan lain-lainnya

3. Stuttering

gangguan aliran bicara yang juga dikenal dengan gagap, yang terdiri dari tiga tipe yakni :

  • blocking atau kesulitan mengeluarkan kata
  • prolongation atau peregangan suara
  • repetitions atau pengulangan suara, vokal atau kata-kata

4. Gangguan suara bicara

adanya kesalahan dalam pengucapan yang meliputi penggantian suatu suara, penghilangan sura tertentu, penambahan suara atau pengubahan suara

Hingga saat ini, pilihan perawatan bagi gangguan bicara tipe apapun adalah terapi wicara yang bertujuan membuat anak menjadi lebih akrab dengan kata dan suara tertentu yang terganggu serta melatih fisik anak dengan penguatan otot penghasil suara saat berbicara.

Untuk memastikan gangguan bicara yang dialami anak Anda dan mendapatkan terapi yang sesuai, Anda memeriksakannya pada dokter Spesialis Anak yang ahli dalam bidang tumbuh kembang, ataupun klinik tumbuh kembang yang juga dilengkapi oleh Psikolog Anak.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Anda bisa mendukung perkembangan anak melalui permainan yang menyenangkan.

6 Langkah untuk Membantu Perkembangan Anak Prasekolah

Masa prasekolah merupakan periode emas anak yang membutuhkan perhatian lebih. Tak hanya mebutuhkan tanggung jawab besar, hal tersebut juga menuntut Anda bersikap cerdas dalam mendukung perkembangan anak dan membentuk kepribadiannya.