Seperti apa bahaya cacing gelang pada perut?

SA Info Penanya: SA, Wanita, 1 Tahun
Hai dokter, akhir-akhir ini saya sering sekali merasa susah buang air besar, perut terasa keras, dan beberapa kali BAB terlihat seperti terdapat cacing gelang. Apakah ini berbahaya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, S.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Infeksi cacing gelang atau infeksi trichinosis adalah salah satu infeksi cacing yang sering terjadi pada manusia. Penyebabnya yaitu cacing jenis ascaris lumbricoides dan berada dalam saluran pencernaan manusia. 

Cacing ini bisa masuk ke tubuh manusia lewat mengkonsumsi daging babi, daging sapi yang terinfeksi cacing gelang dan dimasak dengan tidak matang. Sehingga telur cacing yang terdapat pada daging dapat berkembang di dalam perut manusia.

Gejala dari infeksi cacing gelang yaitu:

  • Kram perut.
  • Diare.
  • Mudah lelah.
  • Mual dan muntah 
  • Nyeri pada otot.
  • Sakit kepala.
  • Demam.

Untuk pengobatannya, infeksi cacing gelang bisa diobati dengan mengkonsumi obat antiparasit seperti albendazole, mintezol. Obat-obatan ini harus dikonsumsi dibawah pengawasan dokter. Untuk itu, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan terlebih dahulu ke dokter agar diberikan terapi yang tepat. 

Untuk mengurangi gejala yang Anda alami, Anda bisa mengkonsumsi obat penurun demam (paracetamol atau ibuprofen) jika Anda demam, obat mual jika disertai dengan mual muntah, konsumsi air putih yang cukup, dan makan makanan yang matang.

Salam sehat,

dr. Ester 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gatal dan ruam pada kulit bisa jadi tanda infeksi cacing dalam tubuh

Benarkah Sering Berkedip Ciri-Ciri Orang Cacingan?

Cacingan bisa terjadi karena adanya infeksi dan rasa gatal yang ditimbulkan karena larva tengah masuk ke dalam kulit. Tidak ada yang spesifik ketika ingin mengenali ciri-ciri orang cacingan. Namun gatal-gatal yang tidak wajar bisa menjadi ciri-ciri paling awal.