11 Jul 2021, 17:14Pernapasan

Batuk sudah 2 pekan, gejala covid atau TBC ?

MT
Info Penanya: MT0
Dok saya kan batuk berdahak sudah 2 pekanan lah, setiap batuk kadang-kadang disertai dahak, tapi mulut langsung tiba-tiba merespon untuk menelan. Nah apakah menelan dahak akan tambah memperparah batuk saya, apakah berbahaya bagi tubuh, seperti paru dan rongga pernapasan lain? Sekarang mau ke RS pun takut, karena situasi seperti ini, apalagi keluhan saya batuk. Padahal ini karena ulah saya yang over makan krupuk waktu itu.
499 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, M.Batuk dapat terjadi pada siapa saja, bayi, anak-anak, orang dewasa juga pada orangtua. Batuk merupakan respon saat suatu benda kecil seperti debu, virus, bakteri masuk ke tenggorokan. Batuk dapat diikuti dahak kental atau batuk kering.

Apa yang menyebabkan batuk sudah 2 pekan ?

Anda yang batuk sudah 2 pekan, setiap batuk kadang-kadang diserai dahak, dan mulut langsung merespon untuk menelan, ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor antara lain :
  • Reaksi alergi terhadap makanan, debu, perubahan cuaca, bulu binatang dan obat.
  • Infeksi saluran nafas atas karena influenza.
  • Pneumonia karena bakteri atau virus corona.
  • TBC paru.
  • Batuk karena asma atau PPOK.
Produksi dahak berlebih membuat Anda menelan dahak yang ada. Dahak yang tertelan akan masuk ke lambung. Di lambung ada asam yang membantu membunuh kuman mauoun virus yang ada. Sehingga Anda tidak perlu cemas dan ini tidak akan memperparah batuk Anda.Yang Anda harus cemaskan adalah batuk berkepanjangan. Lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis paru untuk mengetahui penyebabnya. Anda tidak perlu takut, semua penyakit ada obatnya, termasuk covid. Dokter tidak akan "mengcovidkan" pasien jika memang bukan karena covid. Untuk melegakan pernafasan, Anda dapat minum segelas air jahe dicampur madu dan lemon. Perbanyak konsumsi buah, sayur, vitamin untuk mempercepat penyembuhan.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
infeksi saluran pernapasanppokbatuk berdahak
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil