25 May 2020, 16:06Kandungan

Berhenti KB suntik apakah bisa hamil?

A9
Info Penanya: A9, Wanita, 1 Tahun
Assalamualaikum dok . Saya harusnya suntik kb yg 3bln tgl 14 april tpi saya memutuskan tidak suntik kb lg sampai skrng apakah bisa hamil dok krna sengaja tidak disebutkan kb lg dok pngn hamil. Trimaksih
16392 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat sore A,KB suntik adalah metode kontrasepsi yang efektif dimana diberikan penyuntikan hormonal baik 1 bulan sekali ataupun 3 bulan sekali untuk mencegah kehamilan. Untuk berhenti ber-KB, cukup mudah tinggal menghentikan penyuntikannya saja.Apabila sudah berhenti menggunakan KB, maka kemungkinan untuk hamil bisa terjadi. Tapi ada beberapa efek samping KB suntik yang perlu diketahui, salah satunya adalah pada penggunaan KB suntik memerlukan waktu hingga beberapa bulan untuk bisa kembali subur.Jadi perlu diperhatikan apakah siklus menstruasi sudah kembali normal dan teratur, apakah ada tanda ovulasi atau memasuki masa subur, dan juga lakukan upaya agar bisa kembali hamil seperti:
  • Menjaga gaya hidup sehat
  • Menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim dan saluran reproduksi
  • Mengonsumsi makanan yang meningkatkan kesuburan
  • Rutin melakukan hubungan seksual terutama di masa subur
  • Periksakan diri pada dokter spesialis kandungan jika ada masalah menstruasi
Jika sampai lebih dari 1 tahun setelah lepas KB masih belum juga hamil ataupun jika setelah lepas KB terjadi masalah menstruasi seperti tidak mentruasi lebih dari 90 hari berturut-turut atau perdarahan diluar masa menstruasi maka perlu diperiksakan dan memastikan ada tidak masalah pada rahim. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
menstruasimeningkatkan kesuburanpenggunaan kbmerencanakan kehamilan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil