06 Jan 2021, 00:24Penyakit Lainnya

Sendi lengan dislokasi

KD
Info Penanya: KD0
Dok mau tanya, sebelumnya sya bermain volly, nah ketika saya smash bola, lengan saya tiba-tiba tergeser ke depan, namun sekitar 6 detik lengan saya kembali semula, namun masih terasa pegal beberapa hari ini, apa ada masalah di lengan saya?, atau memang harus mengistirahatkan lengan saya saja?, atau gimana?
92 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Constantia Evelin Kwandang
(0)
Halo K,
Dislokasi sendi bisa saja terjadi karena tulang bergeser dari sendi. Umumnya terjadi pada sendi bahu, lutut, siku, maupun pergelangan kaki karena penggunaan yang berlebihan pada daerah ini, melakukan pergerakan yang mendadak, terjatuh atau melakukan pivot.
Pada dislokasi sendi, dapat terjadi beberapa gejala seperti bengkak dan kemerahan pada lokasi yang dislokasi, nyeri, pergerakan menjadi terbatas, dan terdapat tonjolan yang tidak seharusnya.
 
Jika sendi dapat kembali sendiri ke posisi semula, artinya Anda tidak perlu melakukan pemeriksaan x-ray. Untuk nyeri Anda dapat mengkonsumsi obat pereda nyeri yang ringan seperti paracetamol, atau pereda nyeri kekuatan sedang seperti asam mefenamat jika nyeri sangat tidak tertahankan.
 
Perbanyak istirahat, dan jangan gunakan sendi yang cedera untuk melakukan aktifitas berat terlebih dahulu untuk sementara. Perbanyak makan makanan sehat agar penyembuhan menjadi semakin cepat. Namun jika nyeri tidak kunjung hilang dalam 5hari, segera periksakan diri ke dokter. Anda mungkin perlu melakukan pemeriksaan untuk mengetahui apakah ada ligamen atau otot yang cedera.
 
Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
 
cedera ototnyeri sendidislokasi sendi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil