25 May 2020, 17:05Perut

Sendawa terus karena masalah lambung, apakah GERD?

XP
Info Penanya: XP, Pria, 19 Tahun
Dok udah 2 bulan, Sering sekali sendawa, awalnya lambung saya nyeri sampai ke dada terasa ditusuk2, udah makan obat maag tpi sekarang malah saya jdi sendawa ga berhenti2, makan dikit saya sendawa, ga makan pun tetep sendawa, sempat nanya dokter disuruh makan obat maag lgi tpi sampe sekarang juga ga berhenti sendawanya, sekarang ga ada sakit apa2 sih cmn yg bikin ga nyaman itu gas berkumpul di bawah dada, jdi kerasa penuh aja bawah dada saya, apakah ada solusinya dok? Apakah saya harus periksa?
23510 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat sore, XP.GERD adalah singkatan dari Gastro Esophageal Refluks Disease, yaitu asam lambung yang naik kembali ke tenggorokan. Penyakit ini biasanya memiliki gejala terasa penuh pada perut, mulut terasa asam, sering bersendawa, terkadang disertai nyeri dada atau sesak nafas.

Kebiasaan yang Memengaruhi GERD

Terkait kondisi yang Anda ceritakan, selain mengonsumsi obat, ada beberapa hal dalam pola hidup sehari-hari yang bisa mengurangi GERD, yaitu:
  • Konsumsi makanan bergizi dan minum air putih yang cukup
  • Kurangi konsumsi makanan pedas, berminyak, dan mengandung gas seperti kol dan brokoli
  • Kurangi minuman bersoda, berkafein, dan beralkohol
  • Hindari berbaring atau tidur langsung setelah makan
  • Kendalikan tingkat stres, karena bisa memicu GERD
Apabila dengan cara-cara di atas GERD dapat dikendalikan, Anda sebaiknya menunda pemeriksaan ke dokter spesialis penyakit dalam mengingat saat ini sedang ada wabah. Tetapi, apabila tak kunjung membaik, segera periksakan agar dapat dilakukan pemeriksaan penunjang seperti endoskopi atau USG. Setelah diagnosis ditegakkan, akan diberikan terapi yang sesuai untuk Anda.Terima kasih, semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr. Sylvia
asam lambunggerdtukak lambung
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil