Semprot disinfektan ke kulit, aman kah?

SA Info Penanya: SA, Wanita, 1 Tahun
Hello dokter, apakah aman bila disinfektan disemprotkan ke tubuh? Mohon infonya ya dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, S.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Disinfektan adalah cairan pembersih yang terbuat dari hirdrogen peroksida, creosote, atau alkohol dengan tujuan membunuh bakteri, virus, kuman, dan mikroorganisme lain yang tak terlihat oleh mata.  Di tengah pandemi virus corona ini, banyak masyarakat yang menggunakan disinfektan ke tubuhnya dan ke benda mati di sekitarnya untuk membunuh virus tersebut. Bahkan sekarang sudah ada yang buat bilik disinfektan di rumah, di kantor, dan di tempat umum lainnya dengan tujuan membunuh virus yang menempel di kulit atau baju orang tersebut.

Penggunaan disinfektan ke tubuh manusia sebenarnya tidak direkomendasikan oleh WHO. Dengan alasan bahwa bahan-bahan kimia yang terkandung dalam disinfektan berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia apalagi jika terkena kulit atau selaput lendir seperti mata dan mulut. Bahan-bahan tersebut bersifat karsinogenik (beracun) jika terhirup oleh pernapasan. Dan jika mengenai kulit, semakin sering terkena maka akan mengikis kulit dan menyebabkan iritasi pada kulit. Itu sebabnya disinfektan tidak aman disemprotkan ke tubuh manusia. 

Untuk mencegah penyebaran virus corona, bukan dengan disinfektan, tetapi dengan rajin mencuci tangan, menghindari menyentuh area wajah, melakukan etika batuk dan bersin yang benar, menjaga kesehatan tubuh, dan melakukan protokol kedatangan saat sampai di rumah setelah habis bepergian. 

Salam sehat,

dr. Ester

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Obat HIV bisa sembuhkan virus corona belum terbukti ilmiah

Benarkah Obat HIV Bisa Sembuhkan Corona pada Para Korban?

Obat HIV sembuhkan corona tidak sepenuhnya benar sebab belum dapat dibuktikan secara ilmiah. Namun, beberapa peneliti memang mencoba obat ini untuk menekan gejala yang ada.