Sempat telat haid dan kemudian keluar menstruasi sangat banyak, apakah itu tanda keguguran?

KG Info Penanya: KG, Wanita
Pagi dok...saya mw nanya saya kmrin tlt 1mingguan dn tgl 28agustus saya haid yh sngt bnyk dok hmpir 1hri hbisin pemblut sampai 4 dok mlemnya pun bgtw dok...apa itu keguhuran dok??Trus pda tgl 2 september haid sya smpt brhnti dok tpi tgl 10 september keluar drh lgi lumyn bnyk smpa hri ini mch skit tpi drhnya berangsur angsur sdkt dok...smpt prksa dlbng kemungkinn trjdi kegugurn dkck obat untuk drh dn obat untuk membershkn rhim dok...apa itu kegugurn ya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, KG

Terima kasih atas pertanyaannya.

Menstruasi adalah perdarahan saat dinding rahim yang tidak tertanam sel telur yang dibuahi meluruh. Sedangkan keguguran perdarahan saat sel telur yang telah dibuahi tertanam di dinding rahim namun ada masalah pada kehamilannya. Sehingga terjadi perdarahan untuk mengeluarkan sisa kehamilan termasuk meluruhnya dinding rahim agar bisa dibentuk dinding rahim yang baru untuk dibuahi. Jadi prosesnya kurang lebih sama. Namun pada saat keguguran biasanya terjadi kontraksi yang lebih terasa nyeri dibanding kram menstruasi biasa. Darah yang keluar disertai gumpalan-gumpalan seperti agar yaitu sisa jaringan kehamilan. Bila tidak ada gumpalan sisa jaringan, bisa jadi anda mengalami menstruasi dengan jumlah yang lebih banyak dibanding biasanya / menorrhagia.

Cara untuk mengatasinya juga serupa dengan tujuan untuk mengeluarkan sisa darah dan jaringan dari dalam rahim. Bila perdarahan terus berlanjut setelah pemberian obat-obatan, sebaiknya anda konsultasi dengan Dokter Spesialis Kandungan untuk tatalaksana selanjutnya. Ada kemungkinan perlu dilakukan tindakan kuretase. Berikut artikel mengenai tanda-tanda keguguran untuk referensi tambahan.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kram parah, demam, dan perdarahan merupakan tanda-tanda keguguran.

Tanda-tanda dan Penyebab Keguguran

Keguguran merupakan hilangnya janin sebelum kehamilan memasuki minggu ke-20. Kram parah, sakit perut, demam, sakit punggung, dan perdarahan ringan hingga banyak merupakan tanda-tanda keguguran.