Seminggu yang lalu haid, setelah berhubungan minum pil KB dan pelancar haid. 1 minggu kemudian haid

NK Info Penanya: NK, Wanita
Mlam dok,,,Sya mau naxak dok, Satu Minggu lalu sya haid , Lalu sya berhubungan setelah berhubungan Sya minum pil KB ,lalu sya minum jamu Pelancar haid , lalu ole satu Minggu lgi sya haid lgi Apakah wajar ,,, mohon jawaban xa dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, NK

Rentang jarak antar menstruasi yang normal kisaran 21-35 hari (3-4 minggu). Jadi kalau dalam kasus anda masih masuk kategori wajar. Kalau anda belum berencana untuk hamil, anda sangat beruntung bila tidak terjadi kehamilan. Karena cara untuk melakukan kontrasepsi darurat setelah berhubungan bukan seperti itu.

Kontrasepsi darurat merupakan metode kontrasepsi yang digunakan segera setelah melakukan hubungan seksual untuk mencegah kehamilan. Bisa dalam bentuk pil atau spiral (IUD). Dengan tingkat keberhasilan yang lebih rendah dari kondom dan pil KB, serta efek samping yang lebih berat. Pada saat anda minum pil yang mengandung hormon bisa mengakibatkan reaksi mual dan muntah-muntah. Pada saat menggunakan kontrasepsi darurat kadar hormon juga lebih tinggi sehingga mual terasa lebih hebat dan bisa sampai menganggu siklus menstruasi anda.

Lebih jelasnya anda bisa konsultasi langsung dengan Dokter Spesialis Kandungan untuk memilih metode kontrasepsi anda.

Mengenal Kontrasepsi Darurat untuk Menunda Kehamilan

Pilihan Alat Kontrasepsi Pria dan Wanita untuk Langgengkan Keluarga Berencana

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kram perut saat hamil muda bisa menjadi indikasi masalah serius seperti keguguran

Kram Perut saat Hamil Muda: Penyebab, Ciri-ciri, dan Tips Mengatasinya

Kram perut adalah kondisi yang umum terjadi di awal masa kehamilan. Meski umumnya normal, kram perut saat hamil muda bisa menjadi indikasi masalah serius seperti keguguran. Biasanya kram perut juga menjadi tanda adanya perubahan ukuran rahim, peningkatan progesteron, hingga peregangan ligamen.