Semenjak hamil sampai sekarang, jarang berhubungan badan lagi dengan suami, kenapa ya dok?

FP Info Penanya: FP, Wanita, 25 Tahun
dok,semenjak saya hamil sampai sekarang jarang berhubungan badan dengan suami saya. padahal sudah saya tanyakan kenapa ndag mau? dia jawab krn takut saya hamil lagi. tp alesanya itu kurang masuk akal. kenapa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, FPA

Terima kasih atas pertanyaannya.

Berapa usia Anda dan suami? Kapan kehamilan terakhir Anda? Apakah ada masalah saat kehamilan atau persalinan? Apakah ada riwayat impotensi atau ejakulasi dini? Apakah ada kendala psikis pada suami anda? Semua bisa Anda tanyakan langsung dengan suami Anda. Karena komunikasi adalah kunci pernikahan yang sehat.

Beberapa hal yang bisa menurunkan libido laki-laki seperti penurunan kadar hormon testosteron akibat bertambahnya usia. Adanya penyakit kronis seperti diabetes atau menggunakan obat-obat tertentu yang menurunkan libido. Kemudian apakah suami Anda ada masalah yang membuatnya depresi atau stres seperti problem pekerjaan, finansial atau di keluarganya. Kemudian bagaimana gaya hidupnya, seperti merokok atau kurang tidur juga bisa menganggu libido dan performanya.

Untuk mendapatkan terapi yang tepat bisa konsultasi dengan Dokter Spesialis Andrologi, biasanya akan diberikan terapi hormonal untuk meningkatkan libido. Saya lampirkan juga artikel mengenai cara meningkatkan libido secara alami

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Melakukan hubungan seksual dengan perlahan tapi pasti dapat dijadikan salah satu tips seks untuk usia lanjut

5 Tips Seks yang Bisa Anda Coba Seiring Bertambahnya Usia

Disfungsi ereksi hingga libido rendah seringkali menjadi tantangan seksual bagi pasangan yang sudah berusia lanjut. Namun, ada beberapa tips seks untuk usia lanjut, seperti melakukannya dengan perlahan tapi pasi, eksperimen posisi hingga onani atau masturbasi.