10 Mar 2021, 10:05Perut

Cara mengatasi sembelit dan perut terasa keras

AM
Info Penanya: AM0
Assalamualaikum dok saya mau tanya udah beberapa hari ini saya mengalami perut terasa penuh dan kaku dok tidak bisa tidur dan sembelit dok solusinya bagaimana ya
185 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat malam AM,Sembelit atau konstipasi adalah masalah pencernaan dimana seseorang sulit buang air besar, frekuensi buang air besar kurang dari 3 kali dalam seminggu ataupun feses yang menjadi lebih keras. Apabila tidak lancar buang air besar, kotoran dapat menumpuk di saluran usus dan menimbulkan sejumlah keluhan seperti:
  • Perlu mengejan untuk buang air besar
  • Perut terasa melilit
  • Begah Setelah buang air besar
  • Bisa menimbulkan sumbatan di usus
  • Bisa memicu wasir

Cara mengatasi sembelit atau konstipasi

Untuk meredakan keluhan konstipasi tersebut bisa dilakukan beberapa cara seperti dengan memperbaiki pola makan dan asupan makan, memperbanyak asupan serat, mengonsumsi obat pencahar seperti sirup laktulosa untuk membantu melunakan tinja atau feses dan melancarkan bab.Jika keluhan tidak juga membaik maka perlu dilakukan penanganan lebih lanjut pada dokter. Nantinya perlu juga mengonsumsi lebih banyak air putih, olahraga, dan mengatasi apabila ada keluhan stres atau beban pikiran lainnya. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
sembelitkonstipasipola hidup sehat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil