Sembelit pada anak

DF Info Penanya: DF, Wanita, 28 Tahun
Halo Dokter,Anak saya usia 3 tahun sudah beberapa bulan ini sembelit hingga keringat dingin dan anus berdarah. Susu sudah diganti tidak ada perubahan dan asupan sayuran juga banyak. Apa yang harus dilakukan, Dok?Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Ibu DFF,
Sembelit pengertiannya adalah  tertundanya Buang Air Besar (BAB) atau mengalami  kesulitan dalam BAB atau peningkatan dalam ukuran dan kerasnya feses (kotoran) sehingga menimbulkan rasa sakit dan rasa tidak nyaman saat BAB pada anak. Sembelit sering disebabkan oleh :

  • Karena kurangnya serat dalam makanan
  • Kurangnya cairan yang diminum anak setiap hari
  • Tertundanya waktu BAB atau tertahannya BAB oleh sebab apapun sehingga terjadi penyerapan air kembali dari feses saat berasa di dalam usus besar, hal ini menyebabkan feses menjadi keras dan sulit untuk dikeluarkan.

Makin banyaknya volume feses dalam usus besar, dan makin kerasnya feses menyebabkan saat BAB dapat menimbulkan rasa tidak nyaman dan tekanan akibat mengedan akan menimbulkan pecahnya pembuluh darah disekitar anus, sehingga  terlihat adanya darah segar saat anak BAB pada feses pertama yang keluar.

Hal ini menimbulkan stress tersendiri pada anak sehingga setiap kali ada rangsangan untuk BAB, anak menahan BAB sehingga kotoran makin keras, dan volume feses makin banyak, sehingga saat BAB kembali tersa sakit dan anus berdarah. Fase ini akan terus berulang menjadi lingkaran  yang menakutkan bagi anak dan orang tua, walaupun sebenarnya sembelit merupakan hal yang umum terjadi pada anak-anak.

Tindakan sederhana yang dapat orang tua lakukan dirumah adalah :

  1. Untuk sembelit ringan, dapatkan cukup serat dalam makanan dari buah, sayur dan karbohidrat
  2. Cukupkan asupan cairan buat anak
  3. Ubah perilaku anak sehingga tidak menunda BAB

Bila sembelit telah terjadi lama dan berbulan – bulan seperti keluhan yang Ibu sampaikan,maka sebaiknya Ibu segera mengunjungi Dokter Spesialis Anak untuk melakukan konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut.

 

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Selain memberikan obat muntah untuk anak, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk mengobati muntah pada anak

5 Tindakan Penanganan saat Anak Muntah, Orangtua Wajib Tahu

Jangan sembarangan memberi obat muntah untuk anak. Sebaiknya, lakukan langkah-langkah berikut ketika anak muntah agar ia terhindar dari dehidrasi.