02 May 2021, 16:07Kandungan

Test pack samar, hamil tidak ya?

KS
Info Penanya: KS0
Selamat sore dok saya mau tanya? Saya tadi udh check pakai tespeck dan hasil nya satu garis tipis dan satu garis tebal dan yang saya rasakan hari 1-2 hari saya mual,perut kram, kepala pusing dan kalo pagi suhu badan naik dan cuma 1 jam aja panasnya. Apakah itu saya hamil y dok?
99 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat pagi KSPenggunaan test pack adalah untuk mendeteksi adanya hormon kehamilan yaitu homron HCG (Human Chorionic Gonadotropin) yang akan meningkat pada kehamilan. Adanya test pack yang terlihat garis yang samar bisa disebabkan berbagai kondisi yang mengarah pada kehamilan atau bukan kehamilan.

Kemungkinan Hasil Test Pack Samar

Hasil test pack yang samar bisa dipengaruhi beragam faktor saat pemeriksaan baik dari sedimen, cara, maupun keadaan alat test pack. Beberapa kemungkinan hasil test pack samar adalah:
  • Penggunaan test pack terlalu awal
  • Sedimen urin yang digunakan terlalu encer
  • Alat test pack rusak karena jatuh, kadaluarsa atau penyimpanan yang kurang tepat
  • Mencelupkan semua bagian alat test pack
  • Melakukan tes terlalu lama hingga urin menguap
Test pack idealnya dilakukan jika sudah terlambat haid lebih dari 1 minggu dari jadwal biasanya. Urine yang digunakan baiknya adalah urin pertama pagi hari. Selain itu anda hanya perlu mencelupkan bagian indikator alat saja dan menunggu hasilnya kurang lebih 10-15 menit. Sebelum digunakan, simpan alat test pack pada suhu ruangan dan tidak terkena sinar matahari atau basah.

Memastikan Kehamilan

Berbagai keluhan yang anda alami bisa merupakan tanda dari kehamilan namun bisa juga menyerupai gejala PMS menjelang haid. Karena itu kehamilan hanya bisa dipastikan dengan test pack. Anda bisa mengulang kembali test pack 1 minggu setelah test yang terakhir dan gunakan 2 alat test pack beda merek. Kehamilan bisa lebih dipastikan lagi dengan didapatkan janin dalam kantung kehamilan pada pemeriksaan USG ke dokter kandungan yang terlihat usia kehamilan 8-11 minggu.Sementara itu makan bergizi, minum air cukup, konsumsi suplemen asam folat setiap hari dan istirahat cukup serta hindari stres. Semoga bermanfaat Salam sehatdr. Pany
kehamilantes kehamilantest packcara menggunakan test pack
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil