Semakin difikirkan kok malah semakin naik aja berat badan nya

RF Info Penanya: RF, Wanita, 24 Tahun
Resep untuk diet apa ya dok? Semakin difikirkan kok malah semakin naik aja berat badan nya ? Trs bagaimana cara untuk menghilangkan rasa malas untuk berolahraga ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang RF

Untuk menurunkan berat badan dan mencapai berat badan ideal cara paling baik adalah menurunkan cadangan lemak di otot. Untuk itu harus dilakukan dua hal yaitu defisit kalori melalui penurunan asupan makanan dan peningakatan metabolisme tubuh

Untuk mencapai defisit kalori maka anda dapat mengurangi konsumsi makanan mengandung gula atau karbohidrat seperti mengurangi porsi nasi, hindari makanan manis dan snack. Selain itu cadangan kalori lemak glikogen di otot harus dibakar melalui olahraga, pilihan olahraga yang baik adalah melakukan aktivitas kardio seperti lari, aerobik dan jogging. Dengan latihan tersebut minimal seminggu tiga kali maka akan membantu membentuk tubuh dan menurunkan berat badan. 

Saat anda akan melakukan olahraga harus terdapat motivasi yang kuat dan hindari stress. Saat anda stress memilikirkan berat badan  maka hormon kortisol didalam tubuh akan meningkat, hal ini memicu perlambatan metabolisme, meningkatkan kadar glukosa dalam darah dan meningkatkan berat badan. Hal ini lah yang membuat semakin anda memilikirkan berat badan maka stress meningkat dan berat badan tidak turun malah naik. 

Untuk pengaturan pola diet bisa dilakukan intermiten fasting dimana anda membuat periode tidak makan selama 16 jam dan makan dalam 8 jam tentu dalam porsi wajar, selama periode tersebut harus di isi dengan latihan olahraga. Hal ini akan membuat tubuh lebih bugar dan berat badan ideal tercapai. 

Salam sehat

dr.Zulham

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

buah dan sayuran hijau dapat mengurangi gejala sakit leher pada lansia

8 Menu Diet Sehat untuk Lansia yang Menderita Sakit Leher

Sakit leher pada lansia adalah tanda dari penyakit spondilosis servikal. Gejalanya dapat dikurangi dengan menu diet sehat seperti ikan, susu, dan sayuran hijau.