Seluruh badan terasa sangat sakit, penyakit apa?

AN* Info Penanya: AN*, Pria, 19 Tahun
Minta infonya, Jika sedang kumat, Seluruh badan sakit bngt, itu penyakit apa
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, IS

Nyeri badan merupakan sinyal dari tubuh. Bisa bersifat lokal atau bisa bersifat sistemik (seluruh tubuh). Pada kasus anda terasa di seluruh tubuh. Maka nyeri badan disebabkan sesuatu yang bersifat sistemik.

Paling sering nyeri badan karena memang tubuh merasa letih atau sedang tidak fit. Bisa akibat kurang istirahat atau bisa juga akibat aktivitas yang berlebihan. Aktivitas dari pekerjaan atau olahraga berat.

Bisa juga merupakan reaksi peradangan yang bersifat sistemik. Peradangan bersifat sistemik biasanya akibat adanya suatu proses infeksi atau penyakit kronis. Infeksi bakteri atau virus yang masuk ke dalam tubuh bisa mengakibatkan reaksi di seluruh tubuh dari pegal-pegal, linu, pusing, mual dan demam. Sedangkan penyakit kronis seperti kanker, kelainan organ dan alergi juga bisa mengakibatkan keluhan di seluruh tubuh.

Untuk mengatasinya bisa menggunakan obat nyeri yang dijual bebas di pasaran. Jangan lupa istirahat yang cukup, banyak minum dan makanan yang bergizi. Jika keluhan tidak berkurang anda bisa konsultasi langsung dengan dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Hindari Penyakit, Konsumsi Makanan Berikut untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Mengenal Obat Penghilang Rasa Sakit dan Cara Kerjanya

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jangan sepelekan bila Anda digigit kucing karena bisa menyebabkan infeksi

Anda Digigit Kucing? Ini Pertolongan Pertama yang Tepat

Seperti halnya anjing, kucing juga dapat menggigit Anda yang merupakan tuannya. Jika Anda sudah digigit kucing, jangan membiarkan luka gigitannya. Perlu penanganan yang saksama agar luka tidak berujung pada infeksi.