Seluruh badan terasa sangat sakit, penyakit apa?

AN* Info Penanya: AN*, Pria, 19 Tahun
Minta infonya, Jika sedang kumat, Seluruh badan sakit bngt, itu penyakit apa
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, IS

Nyeri badan merupakan sinyal dari tubuh. Bisa bersifat lokal atau bisa bersifat sistemik (seluruh tubuh). Pada kasus anda terasa di seluruh tubuh. Maka nyeri badan disebabkan sesuatu yang bersifat sistemik.

Paling sering nyeri badan karena memang tubuh merasa letih atau sedang tidak fit. Bisa akibat kurang istirahat atau bisa juga akibat aktivitas yang berlebihan. Aktivitas dari pekerjaan atau olahraga berat.

Bisa juga merupakan reaksi peradangan yang bersifat sistemik. Peradangan bersifat sistemik biasanya akibat adanya suatu proses infeksi atau penyakit kronis. Infeksi bakteri atau virus yang masuk ke dalam tubuh bisa mengakibatkan reaksi di seluruh tubuh dari pegal-pegal, linu, pusing, mual dan demam. Sedangkan penyakit kronis seperti kanker, kelainan organ dan alergi juga bisa mengakibatkan keluhan di seluruh tubuh.

Untuk mengatasinya bisa menggunakan obat nyeri yang dijual bebas di pasaran. Jangan lupa istirahat yang cukup, banyak minum dan makanan yang bergizi. Jika keluhan tidak berkurang anda bisa konsultasi langsung dengan dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Hindari Penyakit, Konsumsi Makanan Berikut untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Mengenal Obat Penghilang Rasa Sakit dan Cara Kerjanya

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Virus H5N1 adalah virus flu burung yang dapat ditularkan dari unggas yang terinfeksi ke manusia

Mirip Flu Biasa, Inilah Gejala Flu Burung

Gejala flu burung kerap disepelekan karena sama seperti gejala flu biasa. Virus H5N1 penyebab flu burung telah menjadi wabah yang ditularkan dari unggas ke manusia. Segera periksakan diri apabila gejala flu berlangsung lebih lama.