Seluruh badan gatal dan bengkak pada bibir dan mata. Bagaimana cara mengatasinya?

A Info Penanya: A
Malam dok,sy wanita usia 30 tahun..mau nanya kenapa ya tiba" seluruh badan saya gatal" dan kdg" bibir dan mata sy bengkak seperti baru bangun tidur..apa yg hrs dilakukan spya sembuh dan ga kambuh lg
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, A

Terima kasih atas pertanyaannya.

Gejala yang Anda gambarkan adalah reaksi alergi. Reaksi alergi timbul saat sistem kekebalan tubuh Anda bereaksi terhadap zat yang biasanya tidak berbahaya terhadap tubuh manusia. Zat ini disebut allergen. 

Alergen bisa berasal dari udara, makanan dan kulit. Alergi merupakan suatu faktor keturunan. Beberapa alergen yang paling sering adalah bulu binatang, sengatan lebah, kacang, kerang, lumut, serbuk tanaman serta obat-obatan tertentu.

Reaksi alergi bisa ringan sampai dengan berat, terutama bila ada berulangkali terpapar oleh alergen tersebut. Gejala ringan seperti kulit merah, gatal, pilek, bengkak, tenggorokan gatal dan mata berair. Reaksi alergi berat seperti nyeri dan kram perut, sesak nafas, diare, sulit menelan, pusing, cemas, wajah merah, mual muntah, berdebar-debar, bengkak di wajah, mata atau lidah, lemas, mengi, sakit dada, sampai hilang kesadaran.

Timbulnya reaksi alergi bisa dalam beberapa detik setelah terpapar dan disebut anafilaktik suatu kondisi yang mengancam jiwa jika terjadi pembengkakan di saluran nafas, sesak nafas dan tekanan darah turun secara tiba-tiba.

Sebaiknya temui dokter untuk mengevaluasi penyebab dari reaksi alergi Anda sehingga Anda bisa menghindarinya. Dokter juga akan memberikan obat anti alergi untuk mengatasi keluhan Anda. Saya lampirkan artikel mengenai tes alergi untuk referensi Anda.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Syok termasuk kondisi darurat medis yang bisa berakibat fatal apabila dibiarkan dan berpotensi kematian

Kenali 4 Jenis Syok yang Bisa Mengancam Nyawa Anda

Syok adalah kondisi darah dan oksigen tidak cukup mengaliri organ dalam tubuh. Ada beberapa gejala seperti nyeri dada. Syok memiliki 4 jenis yang berpotensi kematian. Kenali gejala dan jenis syok agar Anda lebih waspada. Larikan penderita syok ke unit gawat darurat untuk mendapat penanganan sesegera mungkin.