Bagaimana cara menghilangkan selulit?

IS Info Penanya: IS, Wanita, 16 Tahun
Dok saya mau tanya saya kan masih muda tetapi saya sudah punya selulit di paha saya dikarenakan lomba lari jarak jauh saya mau tanya kok bisa terjadi selulit dan bagaimana caranya menghilangkan selulit di paha secara pernanen
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
Selamat siang, IS Terima kasih atas pertanyaan Anda Selulit merupakan suatu kondisi dimana permukaan kulit tampak tidak rata namun tidak berbahaya. Hal ini terjadi karena adanya tumpukan sel lemak yang mendorong kulit sehingga menarik jaringan kulit semakin dalam dan membentuk cekungan yang menyebabkan kulit tampak tidak rata. Karena pada wanita memiliki lemak, jaringan ikat dan otot yang berbeda dari pria, maka selulit ini sangat berpengaruh pada kaum wanita. Selulit biasa terbentuk pada area paha, perut, pantat, payudara dan juga pinggul. 

Beberapa tindakan yang dapat dilakukan untuk menghilangkan selulit secara sementara adalah:

  • Sedot lemak atau sering disebut dengan istilah liposuction
  • Laser
  • USG
  • Penggunaan krim dari dokter
Tindakan-tindakan tersebut pastinya harus dilakukan dengan konsultasi dokter, selain itu ada beberapa tindakan yang bisa Anda lakukan sendiri untuk menyamarkan selulit, seperti:Sejauh ini selulit tidak berbahaya, namun jika Anda merasa kurang nyaman dan mengurangi rasa percaya diri Anda, bicarakan dengan keluarga agar dapat di konsultasikan ke dokter spesialis kulit terdekat untuk dilakukan pemeriksaan dan tindakan yang sesuai.  Semoga bermanfaat. Salam sehat,   dr. Dian.
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Obat gatal kulit dapat beragam, mulai dari es batu, cuka apel, hingga obat-obat dokter

Pilihan Obat Gatal Kulit, dari yang Alami Sampai Obat Dokter

Kulit yang gatal tentu saja menyebalkan. Untungnya, ada beberapa pilihan obat gatal kulit yang tak sulit dicari, mulai dari soda kue, es batu, sampai obat dokter.