08 Apr 2021, 19:11Psikologi

Self injury, kenapa?

GN
Info Penanya: GN0
dok saya menderita self injury, terkadang saya juga punya keinginan untuk bunuh diri, merasa cemas yang berlebihan dan kadang tiba² saya menangis.
75 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat pagi, GTerima kasih atas pertanyaan AndaSelf injury atau prilaku menyakiti diri sendiri adalah salah satu luapan emosi yang bisa membahayakan diri sendiri. Kondisi ini bisa berupa melukai diri, walaupun tidak semua self injury ini mengalami pemikiranuntuk bunuh diri, tetapi pada kondisii tertentu bisa menyebabkan seseoran berpikiran untuk melakukan bunuh diri. Sel injury atau sering juga disebut self harm ini terjadi karena luapan emosi atau kekesalan seseorang.

Beberapa pneyebab dari self injury adalah:

  • Tidak bisa mengendalikan emosi
  • Riwayat trauma pada masa lalu
  • Depresi
  • Penggunaan obat terlarang ataupun konsumsi alkohol
  • Kondisi psikologis yang lainnya
Terkait dengan apa yang terjadi pada Anda apabila keadaan ini dirasa sering berulang, sudah merugikan orang lain dan juga menggau aktivitas serta kehidupan sosial Anda sehari-hari alangkah baiknya lakukan konsultasi dengan psikiater terdekat. Merasakan rasa sedih, cemas, ataupun takut adalah hal yang wajar. Tetapi bila rasa sedih, cemas dan takut tersebut datang tanpa penyebab yang jelas maka perlu dilakukan konsultasi dan pemeriksaan medis.Usahakan untuk berpikiran positif, bercerita kepada orang terdekat bila sedang ada masalah, hindari menyendiri, tetap konsumsi makanan yang bergizi, berolahraga dengan rutin, lakukan istirahat cukup dan melakukan hobi Anda.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
depresigangguan kecemasangangguan psikologis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil