13 Sep 2021, 05:46Pernapasan

Seteleh selesai vaksinasi kemudian flu, apakah saat swab hasilnya akan positif?

M0
Info Penanya: M00
Assalamu'alaikum dok,kemarin saya vaksin selang 2 hari setelah vaksin saya flu dok, padahal hari selasa saya mau swab antigen, apakah saat swab hasilnya akan positif?
280 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Waalaikumussallam, M.Banyak rumor yang beredar di masyarakat dimana vaksinasi corona akan menyebabkan hasil pemeriksaan swab antigen maupun swab PCR menjadi positif. Padahal ini merupakan isu yang tidak benar dan tidak boleh dipercaya.

Apakah setelah vaksinasi covid hasil swab akan positif ?

Anda yang melakukan vaksinasi covid, 2 hari setelah vaksin Anda flu, dimana pada hari Selasa Anda akan melakukan swab antigen, saat swab hasilnya dapat positif jika memang Anda terinfeksi virus corona baik sebelum vaksin dimana gejala belum muncul atau setelah melakukan vaksinasi.Namun yang perlu Anda ketahui, vaksinasi covid tidak membuat Anda tertular virus corona, karena vaksinasi mengandung virus yang dilemahkan atau bagian dari virus dengan tujuan memicu pembentukkan antibodi untuk melawan virus corona.Walau Anda sudah vaksinasi covid, antibodi akan meningkat setelah Anda selesai vaksinasi tahap kedua sekitar 28 hari setelahnya. Jadi walau Anda sudah vaksinasi, Anda tetap harus menjaga imun tubuh, mentaati protokol kesehatan, rajin olahraga dan minum vitamin.Konsultasi ke dokter spesialis paru jika flu diikuti kehilangan rasa maupun penciuman.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
pola hidup sehatcoronavirusvaksin corona
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil