Selesai Pengobatan Paru TB, Napas Masih Berbunyi

L Info Penanya: L, Wanita, 20 Tahun
Selamat malam Dokter,Saya mau bertanya, saat ini nafas saya masih berbunyi dan saya punya riwayat penyakit TB. Lalu apakah ada perbedaan dalam sistem pernafasan pada sebelum, sedang, dan setelah (sembuh) terkena penyakit TB? Setelah sembuh, nafas terkadang bersuara (seperti tidak lega) itu apa penyebabnya? dan bagaimana agar terasa lega setiap hari? Terima kasih sebelumnya.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang Ibu LI,

Untuk menjawab pertanyaan Ibu akan kami sampaikan menurut urutan yang Ibu tanyakan juga :

  1. Pernapasan pada penderita TB paru sebelum sakit dan sesudah sembuh adalah sama dengan orang normal lainnya. Sedangkan saat sakit TB Paru penderita saat bernapas akan merasa sesak, sakit seperti tertarik pada dada saat bernapas dan bunyi saat bernapas. Setelah dinyatakan sembuh oleh dokter maka semua keluhan ini akan hilang dan penderita akan menjadi normal kembali.
  2. Bila saat ini masih ada bunyi dan perasaan tidak lega saat bernapas, maka sebaiknya dilakukan pemeriksaan ulang apakah benar Ibu telah sembuhs empurna dari sakit TB paru atau masih memerlukan pengobatan lanjutan.

Bunyi yang terdengar dari paru-paru dikenal dengan nama Krepitasi atau ronki atau wheezing yaitu bunyi tambahan yang terdengar bila ada kelainan pada paru dan umumnya ditemukan pada paru penderita TB. Bunyi ini akan hilang bila pengobatan TB telah selesai karena paru-paru telah sembuh dari lukanya dan Ibu sudah dinyatakan sembuh.

Sebaiknya periksakan kembali ke Dokter Spesialis Paru (SpP) bawa semua hasil pemeriksaan paru-paru sebelumnya, Dokter akan mempelajari semua pengobatan yang telah diberikan, melakukan pemeriksaan kembali dan akan meninjau ulang semua hasil pengobatan dan kondisi Ibu saat ini.

Paru-paru yang telah sembuh karena pengobatan yang sempurna maka pernapasan akan lega, tanpa hambatan sama sekali. Jangan tunda lagi segera kunjungi Dokter untuk berkonsusltasi dan diperiksa lebih lanjut.

 

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tuberkulosis atau TBC termasuk penyakit yang bisa disembuhkan apabila diobati secara tuntas

Kabar Baik! Penderita Flek Paru-Paru Bisa Sembuh Total

Tuberkulosis atau TBC adalah penyakit penyebab kematian nomor satu di Indonesia. Kabar baiknya, TB bisa disembuhkan dengan total. Biasanya dokter meresepkan antibiotik selama 6-9 bulan.