Selesai melakukan hubungan intim pasti selang 1 hari keluar cairan agak kuning terus langsung ngeflek kurang lebih seminggu

A Info Penanya: A, Wanita, 22 Tahun
Dok, saya mau tanya kenapa ya setiap selesai melakukan hubungan intim pasti selang 1 hari keluar cairan agak kuning terus langsung ngeflek kurang lebih seminggu, berwarna merah tua kental kadang coklat. Dan itu pasti setiap selesai melakukan hubungan intim seperti itu, tidak ada keluhan sih seperti nyeri pinggang atau gimana hanya sedikit bau. Mohon sarannya dok??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam A

Keluar cairan keputihan pasca berhubungan adalah kondisi normal,  cairan yang keluar biasanya flek putih lendir sisa cairan dan sel vagina. Namun kalau cairan yang keluar kuning dapat menjadi tanda adanya infeksi alat kelamin, biasanya kalau  cairan kuning dapat disebabkan infeksi gonorhea atau klamidia yang tertular selama berhubungan seksual, selain itu pengeluaran cairan berwarna merah tua yang kental juga dapat menjadi tanda adanya kanker mulut rahim atau serviks. 

Saya sarankan agar anda membersihkan alat kelamin dengan air, hindari sabun cebok vagina. Anda juga perlu melakukan pemeriksaan dengan dokter obgyn untuk evaluasi keputihan kuning dan coklat tersebut. Anda juga perlu mendapat evaluasi pemeriksaan Papsmear untuk melihat kondisi serviks dan resiko kanker mulut rahim. Jika diakibatkan infeksi kelamin maka dapat ditatalaksana dengan pemberian antibiotik. Namun jika akibat kanker serviks maka diperlukan tatalaksana lanjutan operatif kemoterapi dan radioterapi. 

Salam sehat

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu gejala servisitis atau radang serviks adalah iritasi pada vagina atau leher rahim

Waspada! 7 Gejala Ini Dapat Menjadi Tanda Anda Terkena Radang Serviks

Servisitis adalah peradangan serviks atau leher rahim. Pada sebagian wanita, gejala servisitis atau radang serviks seringkali tidak disadari, sehingga terlambat untuk ditangani. Gejala servisitis antara lain, yaitu gatal pada vagina, pendarahan vagina, dan nyeri panggul.