Selepas suntik kb 3 bulan, apakah haid tidak teratur?

DA Info Penanya: DA
Selamat malam dok,Sya mau tanya dok tadi nya saya kb 3 bulan smpe 4 thun saya berhenti sakingnya saya mau dapetin haid sya ganti suntik 1 bulan dok .nah sekarng saya mau nambah momongan lagi saya berhti suntik nya .saya berhenti suntik udah ada 2 tahun tpi kenpa saya haid dari bulan kemren tnggal 18 juli 20 sampe sekarng belum berhenti ya haid nya dok .apakah itu ada hubungan nya d suntik kb 3 bulan dokTerima kasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi DA,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Suntik KB merupakan salah satu jenis KB yang banyak di gunakan di Indonesia. KB Suntik merupakan salah satu jenis KB yang mengandung hormonal. Dan mempunyai cara kerja untuk menipiskan dinding rahim, agar sel telur yang berhasil di buahi tidak menempel di dinding rahim dan juga mengentalkan dinding serviks agar sperma yang berusaha masuk terhalang.

Beberapa efek samping KB Suntik :

  • Menaikan berat badan
  • Menimbulkan jerawat
  • Gangguan hormonal
  • Menstruasi yang berhenti atau menjadi lebih banyak
  • Meningkatkan resiko osteoporosis
  • Membutuhkan waktu yang lama untuk kembali ke siklus normal
  • dll

Berdasarkan keterangan yang Anda berikan, keluhan yang Anda alami bisa saja karena efek samping penggunaan KB Suntik. Saran saya perbanyak makan makanan bergizi, perbanyak sayur dan buah, cukupi kebutuhan air putih minimal 2-3 liter/hari, olahraga teratur, pertahankan berat badan ideal, dan istirahat yang cukup hindari stres, aktivitas yang berat. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi dokter kandungan.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

KB suntik termasuk alat kontrasepsi yang efektif, tapi tetap bisa memicu efek sampingseperti perut kembung

KB Suntik, Apa Sajakah Kelebihan dan Kekurangannya?

KB suntik adalah salah satu metode kontrasepsi untuk mencegah kehamilan. Seperti alat penunda kehamilan lainnya, alat KB ini memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Apa saja yang perlu Anda perhatikan?