28 Sep 2021, 13:52Kandungan

Selaput dara

IP
Info Penanya: IP0
Dok saya mau tanya apakah masih ada selaput darah kalo lubang vagina sdh terlihat warna putih
273 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, ITerima kasih atas pertanyaan AndaSelaput dara adalah suatu memberatn tipis yang terletak pada vagina. Vagina merupakan sebuah liang yang mengubungkan antara serviks dengan dunia luar.Secara nroaml, elaput dara tidak menutup rapat (tanpa celah) pada vagina, hal ini dikarenakan, jika selaput dara menutup utuh atau tanpa celah maka darah menstruasi tidak bisa keluar. Kondisi dimana selaput dara menutup seluruh lubang vagina, disebut dengan hymen imperforata. Selain itu, bentuk selpatu dara juga bisa berupa septum selaput dara dan mikoperforasi selaput dara.

Di bawah ini adalah kondisi yang bisa menyebabkan robekan pada selaput dara:

  • Adanya riwayat cedera 
  • Berhubungan seksual
  • Pemeriksaan medis tertentu pada organ reproduksi (baisanya dilakukan pada wnaita yang sudah pernah melakukan hubungan seksual)
  • Aktivitas berat atau olahraga ekstrim
Terkait dengan apa yang Anda tanyakan, untuk tahu bagaimana kondisi dari selaput dara Anda lakukanlah pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan terdekat. Robekan karena cedera, atau aktivitas vsiik, berbeda dengan robekan selaput dara karena melakukan aktivitas seksual. Sedangkan untuk bentuk selaput dara sendiri masing-masing orang mempunyai bentuk yang berebda-beda. Pastikan tetap menjaga kebersihan area kewanitaan, hindari stres, konsumsi makanan bergizi, hindari seks bebas, ganti pembalut secara berkala saat haid, dan lakukan olahraga ringan dengan rutin agar tetap sehat.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
kesehatan organ intimkesehatan wanitatips kesehatanmasalah reproduksi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil