08 Jul 2020, 00:13Kandungan

Selaput dara pasca berhubungan seksual

SU
Info Penanya: SU, Wanita, 24 Tahun
Dok saya mau tanyaTeman saya melakukan seks untuk pertama kalinya, dan selaput darahnya sobek keluar darah sedikit. Lalu dia shock dan berhenti main nya. Dia merasa kalau penis gak masuk full ke dalam vagina nya . Hanya di ambang2 saja tapi selaput darahnya sobek. Apakah ada kemungkinan dia bisa hamil dia melakukannya bkn masa subur? Apakah selaput darah nya bisa kembali lagi? Apakah nnti jika ia melakukan seks lagi akan kah keluar darah lagi? Apakah selaput darah hanya terjadi satu kali saja
7205 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat malam M,Selaput dara adalah bagian pada organ kewanitaan yang bisa berbeda-beda pada tiap individunya dimana bisa robek saat berhubungan seksual pertama kali, bisa robek karena aktivitas lain seperti terjatuh, mengendarai motor, berkuda ataupun bisa memiliki keleastisan yang lebih sehingga tidak berdarah dan tetap utuh saat pertama kali berhubungan seksual.Apabila melakukan hubungan seksual dan terjadi pendarahan karena robekan selaput dara, maka tidak lagi bisa kembali kecuali dilakukan tindakan ataupun operasi pembuatan selaput dara baru.

Kemungkinan hamil

Jika melakukan hubungan seksual tanpa menggunakan kontrasepsi maka peluang untuk hamil tetap lah ada, meskipun tidak besar kemunginannya. Jika nantinya berhubungan seksual lagi, bisa ada kemungkinan berdarah lagi dan jika kembali ada perdarahan perlu dipastikan apa yang jadi penyebabnya.Apabila belum menikah dan belum siap hamil, maka perlu menghindari aktivitas seksual karena selain berisiko hamil, bisa juga menimbulkan beberapa risiko kesehatan seperti:
  • Berisiko terjadi penularan infeksi menular seksual
  • Berisiko terjadi beganti pasangan seksual dan memicu infeksi HIV
  • Risiko menimbulkan masalah psikologis seperti rasa cemas, perasaan bersalah ataupun beban pikiran
Untuk itu perlu gunakan kontrasepsi seperti kondom misalnya. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
hubungan seksualperdarahanselaput mata
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil