Apakah selaput dara robek dan perdarahan memang berkaitan dengan keperawanan?

A Info Penanya: A, Wanita, 23 Tahun
Halo dok saya mau tanya,,memang seorang perempuan kalo pertama kali berhubungan harus berdarah kah? Saya pertama kali berhubungan dengan suami tidak ada pendarahan jadi suami sering mempermasalahin itu ,pdhal aku sudah berbicara jujur kalo saya tidak pernah melakukan itu dan pertama kali dengan suami.apakah selaput dara robek memang berkaitan dengan keperawanan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, A.

Keperawanan seringkali dikaitkan dengan keadaan seputar selaput dara dan adanya perdarahan saat berhubungan seksual yang pertama kali. Namun ternyata istilah keperawan sendiri dibentuk oleh nilai yang merupakan norma sosial. Dalam sudut pandang medis, tidak ada definisi khusus tentang keperawanan.

Robeknya selaput dara dapat diakibatkan oleh berbagai hal selain hubungan seksual yang pertama kali. Begitu pula perdarahan pada hubungan seksual pertama kali, tidak selalu akan dialami wanita karena selaput dara dan vagina adalah organ yang elastis. Secara umum keperawanan diukur dari pernah atau tidaknya berhubungan seksual atau dengan kata lain pernah terjadinya penetrasi alat kelamin pria atau tidak. 

Berikut terlampir artikel seputar mitos mengenai keperawanan yang dapat Anda berikan pada suami Anda agar dapat lebih dipahami. Jika memungkinkan Anda dapat membawa suami Anda untuk malakukan konseling bersama pada ahli Seksolog atau Psikolog pernikahan untuk mendapatkan pengetahun yang tepat sehingga tidak terjadinya gangguan pada hubungan pernikahan kedepannya.

Untuk sementara Anda dapat memberikan penjelasan ini pada suami Anda dan jika suami tetap tidak dapat memahami segeralah ajak untuk menjalani konseling bersama pada ahli.

Salam sehat, 

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Test pack adalah salah satu perlengkapan yang wajib dimiliki calon ibu hamil

Daftar Perlengkapan yang Penting Dimiliki ibu Hamil Sepanjang Trimester Kehamilan

Ada banyak perlengkapan yang hars dimiliki oleh ibu hamil di sepanjang masa kehamilan sampai waktunya melahirkan. Apa saja dan apa gunanya?