24 Jun 2021, 01:25Kulit & Kelamin

Selangkangan perih dan berkerak saat hamil, kenapa?

EB
Info Penanya: EB0
Hallo dok, saya sedang hamil dngn usia kandungan jalan 7 bulan. Saya sering sekali buang air kecil karna tendangan si bayi yg sangat keras, di usg jenis kelamin terlihat yaitu laki laki., jd tendangan lebih keras dan menyebabkan seringnya buang air. Lalu selangkangan saya awalnya lembab dan tbtb keluar seperti daki,padahal kalau mandi selalu digosok dengan sabun sedikit,saat daki keluar tbtb mulai terasa perih karena gesekan celana dalam mungkin,dn skrg selangkangan sya sprti berkerak.
89 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat malam, ETerima kasih atas pertanyaan AndaSelangkangan atau pangkal paha yang menghitam, berkerak dan perih bisa terjadi karena beberapa penyebab. Kondisi ini bisa dialami oleh segala usia termasuk pada ibu hamil. Keluhan selangkangan yang menghitam dan berkerak ini bisa disertai dengan gejala penyerta seperti berbau tidak sedap, gatal dan lain sebagainya.

Berikut ini beberapa penyebab selangkangan berkerak perih dan menghitam adalah:

  • Iritasi kulit
  • Adanya tumpukan kotoran atau daki
  • Infeksi jamur kulit seperti tinea cruris
  • Hiperpigmentasi kulit karena pengaruh hormonal masa kehamilan
Terkait dengan apa yang terjadi pada Anda, beberapa penyebabnya bisa dikarenakan oleh kondisi yang telah disebutkan di atas. Sebaiknya lakukan konsultais dan pemeriksaan dengan dokter spesialis kulit dan kelamin baik secara online ataupun dengan mendatangi dokter spesialis kulit dan kelamin terdeat agar Anda mendapatkan pengobatan yang sesuai dengan penyebabnya.Usahakan saat ini Anda tetap menjaga kebersihan tubuh, konsumsi makanan yang bergizi, hindairi kelelahan, gunakan celana dalam yang nyaman, ganti celana dalam secar aberkala terlebih bila Anda berkeringat, dan lakukan istirahat cukup.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
kulit sekitar kelaminkanker kulitinfeksi jamurhiperpigmentasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil