Sering sakit kepala dari kecil sampai 29 tahun

DC Info Penanya: DC
Dok saya perempuan umur 29th,dari kecil saya sering merasakan sakit kepala tapi akhir2 ini rasa sakitnya terjadi lebih sering dan lebih sakit sehingga hampir setiap hari saya menkonsumsi obat penghilang rasa sakit dan belum lama ini saya juga merasakan dada saya sakit seperti ditekan. Kenapa ya dok kira2. Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, DC.

Sakit kepala adalah sensasi tidak menyenangkan yang dirasakan pada kepala. Sensasi bisa berupa berdenyut, menekan, mengikat, atau menusuk. Apabila seseorang mengalami sakit kepala, aktivitas sehari-hari dapat terganggu.

Ada sangat banyak penyebab sakit kepala, baik yang primer (tidak disertai penyakit lain) maupun sekunder (efek samping dari penyakit lainnya). Jika gejala sakit kepala yang Anda rasakan sudah berlangsung bertahun-tahun, dan kini disertai dengan dada yang nyeri, ada kemungkinan sakit kepala Anda disertai oleh hal lainnya.

Beberapa kemungkinan penyakit yang menyebabkan gejala-gejala tersebut adalah:

  • GERD (Gastro Esophageal Reflux Disease), yaitu kondisi naiknya asam lambung ke tenggorokan karena pola dan kebiasaan makan yang kurang benar
  • Kekurangan zat gizi tertentu, misalnya vitamin B atau magnesium
  • Hipertensi atau tekanan darah tinggi 
  • Tumor otak yang telah menjalar ke dada

Karena sudah menahun, sangat disarankan agar Anda segera berkonsultasi kepada dokter spesialis saraf. Sebaiknya dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang terlebih dahulu, misalnya CT scan atau MRI. Lalu, ketika sudah diketahui penyebab pastinya, dokter akan menyarankan obat atau tindakan yang tepat.

Apabila belum sempat untuk berkonsultasi langsung, sementara Anda dapat mencoba untuk tetap mengonsumsi obat antinyeri yang biasa Anda gunakan. Tetapi, perlu diingat, bahwa setiap obat memiliki efek samping, apalagi jika dikonsumsi terus-menerus. 

Di samping obat, coba konsumsi makanan yang tinggi vitamin B seperti alpukat, dan tinggi magnesium seperti pisang dan brokoli. Makanlah dengan waktu yang teratur, dan hindari berbaring setidaknya tiga jam setelah makan. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Warna muntah kuning bisa menjadi indikator gangguan kesehatan

Arti Muntah Kuning Hingga Kehitaman, Kapan Harus Dapat Penanganan Darurat?

Muntah tidak selalu buruk, justru itu merupakan salah satu bentuk pertahanan ketika ada hal asing masuk ke tubuh atau sinyal terjadinya infeksi atau penyakit kronis. Warna muntah pun bisa berbeda-beda, seperti muntah kuning, hijau, hingga yang tidak berwarna sekalipun. Tetapi arti warna muntah bisa menjadi indikator kesehatan anda