Haid dua kali dalam 1 bulan apakah normal?

RO Info Penanya: RO, Pria, 23 Tahun
Dok ,saya mau tanya kmren saya haid tanggal 8 April selama 2 hari biasa ny siklus saya 28 hari ,tapi kmren tanggal 18 saya haid lagi smpai sekarang masih . Apakah normal dok ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi RO,

Dua kali haid dalam satu bulan adalah kondisi yang tidak normal, dimana normalnya siklus haid adalah setiap 21-35 hari sekali. Kondisi ini bisa disebabkan oleh beberapa penyebab seperti gangguan hormonal, tanda kehamilan, adanya gangguan reproduksi seperti tumor jinak, endometriosis, penggunaan alat kontrasepsi dan penyebab lainnya.

Untuk itu perhatikan apabila menstruasi deras dan banyak serta terjadi lebih dari 7 hari, maka bisa disebut sebagai menorrhagia atau perdarahan menstruasi berlebih yang tidak normal.

Nantinya jika perdarahan tidak juga berhenti perlu dilakukan pemeriksaan dan penanganan oleh dokter atau dokter spesialis kandungan baik diberikan obat penghenti perdarahan yang sifatnya hormonal ataupun non-hormonal. 

Beberapa hal lain yang perlu diperhatikan juga adalah:

  • Cukup istirahat
  • Hindari kelelahan
  • Kelola stres dengan baik
  • Olahraga teratur
  • Perbanyak minum air putih
  • Perhatikan jika timbul tanda anemia harus segera diperiksakan

Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Efek menopause umumnya akan memengaruhi suasana hati kaum hawa yang mengalaminya

Ternyata Ada Efek Menopause yang Berdampak Positif Bagi Perempuan

Memasuki usia menopause membawa peningkatan risiko terjadinya beberapa gangguan kesehatan. Tapi ternyata ada juga efek menopause yang membawa dampak positif bagi kesehatan dan kehidupan sehari-hari kaum hawa.