Terlambat haid dan paha sakit

SF Info Penanya: SF
dok umur saya 17 th.saya biasanya haid tgl 20han tp bulan ini saya masih blum datang bulan juga don. pergelahan paha saya sering sakit dok bagaimana yah?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, SF.

Terlambat haid dapat disebabkan oleh berbagai kondisi, mulai dari pola hidup, kelainan pada rahim, penggunaan obat tertentu, beberapa jenis penyakit, serta kehamilan. Kondisi-kondisi tersebut memicu perubahan hormon tubuh, yang pada akhirnya berakibat berubahnya siklus haid.

Apabila biasanya haid pada tanggal 20, tetapi sampai 25 Agustus belum haid, maka bisa saja haid datang terlambat. Oleh karena itu, coba lakukan pola hidup sehat seperti:

  • Mengonsumsi makanan bergizi, perbanyak buah dan sayur
  • Rutin berolahraga 3-4 kali seminggu
  • Cukupi kebutuhan tidur, yaitu 7-9 jam per hari 
  • Mengelola stres dengan baik

Sedangkan rasa sakit pada paha yang Anda alami bisa disebabkan oleh pre-menstrual syndrome, yaitu sekelompok gejala yang timbul saat akan datang haid. Selain pada paha, bagian tubuh lain seperti payudara dan perut juga bisa saja nyeri.

Jadi, Anda dapat menunggu sampai beberapa hari ke depan. Apabila ternyata benar dalam seminggu ke depan Anda mengalami haid, maka nyeri paha tersebut disebabkan karena akan haid. Tetapi, apabila tak kunjung haid, kondisi lain seperti cedera atau kekurangan zat gizi tertentu bisa menjadi penyebab nyeri paha yang dialami.

Untuk nyeri paha, Anda bisa mengurangi aktivitas atau olahraga yang memberatkan otot paha dan banyak beristirahat terlebih dahulu. Konsumsi makanan yang kaya magnesium, misalnya brokoli dan pisang. Apabila nyeri tak tertahankan, mengonsumsi obat antinyeri yang dijual bebas seperti parasetamol juga diperbolehkan, selama sesuai dosis.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat berkonsultasi kepada dokter. Apabila diperlukan, dokter mungkin akan merujuk Anda ke spesialisasi tertentu. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Dismenore primer adalah nyeri haid tanpa kaitan dengan penyakit tertentu

Mengenal Apa Itu Dismenore Primer yang Bisa Muncul Saat Haid

Sering nyeri berat saat menstruasi, padahal kondisi Anda sehat? Anda mungkin saja mengalami jenis dismenore primer yang tak berhubungan oleh penyakit.