Keluar darah saat berhubungan, apa itu normal ?

TS Info Penanya: TS, Wanita, 1 Tahun
Saya haid tgl 29. Di tanggal 10 saat berhubungan intim keluar darah, sudah 2 kali berturut turut, tetapi hanya di saat berhubungan intim. Apa itu normal?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, TS.

Keluar darah saat berhubungan merupakan keluhan yang dapat terjadi karena beragai faktor maupun kondisi medis tertentu. Dalam istilah medis keadaan tersebut dikenal dengan sebutan postcoital bleeding. Faktor dan kondisi medis yang mendasari terjadinya perdarahan saat berhubungan dapat bersifat ringan maupun serius.

Adapun beberapa faktor dan kondisi medis tersebut, antara lainnya ialah :

  • vagina yang mengalami kekeringan
  • vagina terkoyak saat berhubungan
  • penetarasi yang dilakukan ketika belum mengalami rangsangan secara maksimal 
  • kebiasaan melakukan douching
  • infeksi dan peradangan pada organ reproduksi, yang meliputi :
  • polip rahim
  • keganasan atau kanker

Perdarahan saat berhubungan yang berulang umumnya tidak normal. Namun faktor penyebabnya dapat tergolong ringan seperti iritasi atau luka karena kurangnya rangsangan sebelum berhubungan. Namun, selain itu, dapat pula merupakan kondisi medis atau penyakit tertentu pada alat reproduksi seperti pada paparan diatas yang tergolong lebih serius dan membutuhkan penanganan lebih lanjut. 

Untuk sementara Anda dapat mencoba untuk lebih banyak melakukan pemanasan sebelum berhubungan dan hindari melakukan penetrasi sebelum terangsang secara maksimal. Namun jika keadaan perdarahan masih kunjung berulang, ada baiknya diperiksakan pada dokter Kandungan secara langsung.

Salam sehat, 

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada beberapa cara mengobati mani encer yang bisa Anda lakukan

Tips Mengobati Mani Encer agar Tak Ganggu Kesuburan

Cara mengobati mani encer dapat dilakukan dengan mengubah gaya hidup hingga naik meja operasi. Namun, Anda harus lebih dulu mengenali penyebab air mani encer itu sendiri.