Selama saya nikah siklus haid berubah 35hari kdg 38hari

D Info Penanya: D, Wanita, 23 Tahun
dok saya desy umr 23thn bru nkah 3blan...slma saya nkah sklus haid sya brubah kdg 35hari kdg 38hari...blan kmrin saya haid tgl 31...trus kalo haid slalu trasa nyeri pnggang dan prut...dan kmrin tgl 29 smpai skrang prut dan pnggang sya tsasa nyeri tpi ngk ada drah haid yg keluar...tgl 31 sya ad mnum jamu plancr haid sya pkr bsa menghlangkn nyeri sya tpi skrg msh ngk keluar dan jga msh nyeri...apa kah ada pnykit lain dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang D

Gangguan menstruasi pada wanita yang telah menikah dapat terjadi akibat beberapa hal seperti gangguan hormonal akibat stress, sedang hamil muda, infeksi vagina, adanya kista ovarium dan mioma uterus.

Pada anda terjadi keterlambatan haid, untuk itu saya sarankan melakukan pemeriksaan test pack karena bisa saja bahwa nyeri perut dan tidak datang haid bisa karena adanya kehamilan atau sedang berlangsung proses keguguran, selain itu perut  yang sakit bisa juga menjadi tanda akan adanya infeksi radang panggul, kuman sekitar vagina bisa saja naik menyebabkan infeksi pada rahim dan ovarium. 

Jika gangguan menstruasi ini  menetap sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter kandungan

salam sehat

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Fungsi endometrium pada tubuh wanita berhubungan dengan proses reproduksi

Inilah Peran dan Fungsi Endometrium untuk Kesehatan Wanita

Fungsi endometrium pada tubuh wanita berhubungan dengan proses reproduksi. Bagian ini memiliki peran penting dalam siklus menstruasi serta selama masa kehamilan.