Merasa selalu disalahkan dan menjadi menyendiri, bagaimana mengatasinya?

NA Info Penanya: NA, Wanita, 27 Tahun
pagi dok, saya merasa semua kesalahan yang ada di rumah pasti akan dilimpahkan ke saya,ketika orang rumah tau bahwa yang salah bukanlah saya mereka bertindak seperti tidak ada kejadian apa2, sedangkan saya perlu waktu untuk ngilangin apa y saya rasakan. saya lebih senang menyendiri dikamar, takut untuk menjalin hubungan dengan orang lain,sy sering berpikir untuk tidak menikah dan tidak punya anak, bukan tidak mau tapi takut. saya sendiri sulit menggambarkan apa yang sebenarnya sy takutnya.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang NA,

Adanya masalah pada kehidupan sehari-hari memang bisa menjadi beban pikiran dan ketika kita merasa kesulitan untuk menanggung beban itu bisa menjadi pemicu gangguan psikis pada tubuh yang mengganggu kesehatan mental.

Apabila merasa selalu disalahkan, menjadi menarik diri, kehilangan minat untuk mengerjakan kegiatan sehari-hari, takut akan masa depan, kehilangan semangat, sampai bisa memicu keinginan untuk menyakiti diri maka perlu perhatian khusus agar bisa segera diatasi.

Kondisi ini bisa memicu gangguan mental seperti stres yang berlanjut menjadi depresi.

Untuk mengatasi depresi bisa dilakukan beberapa hal seperti:

  • Upayakan lebih rileks
  • Bicarakan apa yang dirasa pada orang rumah
  • Berbagi cerita pada orang terdekat atau orang yang dipercaya
  • Cari aktivitas rutin harian seperti misalnya bekerja sehingga bisa mengalihkan
  • Olahraga rutin

Jika masih kesulitan mengatasi kondisi mental dan beban terasa makin berat, timbul rasa takut dan cemas maka baiknya bisa dikonsultasikan pada dokter spesialis jiwa atau psikitater atau bisa pada psikolog. 

Nantinya akan dilakukan evaluasi dan konseling untuk bisa mengatasi kondisi yang dialami. Jika perlu nantinya juga akan dilakukan psikoterapi dan pengobatan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Di Indonesia, usia legal menikah masih jauh lebih muda, dibanding usia ideal menikah pada pria ataupun wanita

Ini Usia Ideal Menikah! Bisa Jadi Jawaban Kalau Ditanya, "Kapan Kawin?"

Usia legal menikah di Indonesia tergolong sangat muda, yaitu 16 tahun untuk perempuan dan 19 tahun untuk laki-laki. Padahal, usia ideal menikah sebenarnya jauh lebih tinggi, daripada usia tersebut. Pada saat menikah di usia muda, terdapat risiko seperti komplikasi saat hamil, hingga perceraian.