Selalu menangis setiap malam, apakah normal?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 18 Tahun
Siang dok, saya Friska 18 tahun, saya ingin bertanya dok, sudah 2 Minggu lebih saya setiap hari selalu nangis, saya tidak tau penyebabnya apa dok, merasakan pusing setiap malam, badan sakit2, dan nafsu makan berkurang, selalu merasa takut, curiga terhadap orang, selalu marah2 sering emosi dan selalu merasa kurang percaya diri, saya harus gimana dok? Apa saya punya penyakit atau emang hanya perasaan saya saja?Terimakasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, F.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Selalu menangis dan merasa sedih setiap hari merupakan suatu gejala depresi. Depresi adalah salah satu penyakit gangguan kesehatan jiwa yang dimana penderitanya mengalami gangguan suasana hati berupa sedih terus menerus dan tidak menghilang.

Penyebabnya bermacam-macam. Bisa diakibatkan karena adanya kejadian traumatis di masa lalu, genetik, gangguan biologis, gangguan kepribadian, efek obat-obatan, dan akibat kondisi kronis tertentu. 

Terkait dengan gejala yang Anda alami ini, kemungkinan Anda mengalami gangguan depresi yang mengakibatkan timbul gejala psikosomatis pada diri Anda. Penyebabnya adalah karena salah satu kondisi yang sudah dijelaskan diatas. 

Untuk itu, kondisi ini tidak bisa dibiarkan begitu saja. Harus diobati dengan tepat oleh ahlinya. Jadi, saya saya sarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan dan konsultasi lebih lanjut ke dokter spesialis jiwa agar diberikan penanganan yang sesuai. 

Saat ini, yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi gejala yang Anda rasakan ini yaitu belajar membuka diri kepada orang lain, menceritakan masalah Anda ke orang terdekat Anda, melakukan kegiatan yang Anda sukai seperti mendengarkan musik favorit, memasak, menonton film, bercocok tanam, dll; kumpul dengan orang-orang terdekat Anda, dan berdoa. 

Semaoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pentingnya kesehatan mental sama besarnya dengan kesehatan fisik.

Pentingnya Kesehatan Mental yang Tak Boleh Diremehkan

Kesehatan mental sering kali terlupakan karena biasanya kebanyakan orang hanya fokus pada kesehatan fisik saja. Padahal, keduanya sama-sama berperan penting dalam kehidupan seseorang. Berikut adalah alasan pentingnya kesehatan mental bagi kehidupan kita.