Hasrat seksual yang tinggi, apakah normal ?

JD Info Penanya: JD, Pria, 28 Tahun
HalloNama Saya JoseNafsu saya selalu tinggi (mau buat sex) ketika membaca artikel sex. Pengalaman sex belum.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, JDCPS.

Hasrat seksual (libido) merupakan hal yang umum dimiliki oleh setiap individu yang telah mengalami pubertas. Hal tersebut berhubungan dengan perkembangan organ seksual dan hormon pada tubuh remaja. Umumnya pada laki-laki usia pubertas berkisar pada 10-15 tahun dan pada perempuan berkisar pada usia 9-14 tahun.

Kendati normal dialami, tetapi jika dirasakan berlebihan dan mengganggu aktivitas sehari-hari, maka mungkin telah terjadi gangguan. Begitu pula jika terlalu rendah atau tidak ada sama sekali.

Terkait dengan keluhan yang Anda alami, jika tidak berlebihan, masih mungkin dalam batas normal, tetapi jika dengan membaca artikel kemudian ada keinginan berlebih untuk segera melakukan kendati Anda belum memiliki pasangan yang sah, mungkin keluhan terssebut sudah perlu mendapatkan perhatian khusus.

Hasrat seksual sendiri dapat manjadi berlebihan dipengarungi oleh berbagai faktor berikut, diantaranya adalah :

  • gangguan psikologis
  • kecenderungna mania seks
  • kecanduan rangsangan secara audio dan visual
  • rasa penasaran karena belum pernah melakukan

Pada dasarnya kecenderungan untuk berhubungan seks jika sudah memasuki usia yang sesuai, ada baiknya disalurkan dalam hubungan yang sakral yaitu pernikahan. Hal tersebut dimaksudkan untuk menjaga keamanan berhubungan dan menurunkan risiko terjangkit penyakit menular seksual.

Berikut juga saya sertakan artikel cara mengatasi kecanduan pornografi sebegai informasi tambahan untuk Anda. 

Untuk informasi yang lebih lanjut, Anda dapat berkonsultasi langsung dengan dokter Spesialis Andrologi dan ahli Seksologi. Tetapi jika dirasakan telah berlebih dan mulai mengganggu keseharian Anda, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gancet merupakan suatu kondisi yang nyata terjadi dan dipicu karena kontraksi otot vagina yang berlebih

Gancet: Sekedar Mitos atau Sesuatu yang Nyata?

Gancet atau fenomena penis terjebak di dalam vagina sering dianggap sebagai peristiwa mistis. Meskipun demikian, gancet bisa terjadi karena pasangan wanita mengalami vaginismus yang memicu otot vagina mengencang dan menutup lubang vagina.